Sabtu, 20 September 2008

Dasar Komputer I

PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi merupakan kebutuhan utama untuk berhubungan antara manusia satu dengan lainnya. Komunikasi timbul didasari oleh adanya berbagai macam informasi. Kebutuhan manusia yang semakin beragam menyebabkan timbulnya kebutuhan akan informasi yang cepat, mudah dan berjangkauan luas (efektif). Informasi yang efektif memerlukan teknologi yang andal sehingga lahirlah teknologi informasi. Perkembangan teknologi dan informasi semakin lama semakin cepat sehingga diperlukan pengetahuan untuk mengenal dan memanfaatkannya. Salah satu alat yang dapat dimanfaatkan adalah komputer.
Proses timbulnya informasi pada komputer dapat digambar dengan diagram berikut:

KOMPUTER
DATA
INFORMASI



PROGRAM



Dari diagram tersebut dapat dilihat bahwa sebenarnya data dapat dianalogikan sebagai bahan mentah, yang harus diolah untuk menjadi barang jadi yang siap pakai yang sebagai informasi.
Teknologi informasi sekarang sedang berkembang dengan pesat, sehingga manusia tidak menjadi manusia terbelakang perlu terus mengikutinya. Menjadi terbelakang bukan karena mengalami kemunduran, melainkan karena manusia berjalan tidak cukup cepat untuk mengikuti derap lajunya perjalanan kemajuan jaman. Meskipun teknologi informasi merupakan kebutuhan pokok manusia, namun harus diperhatikan beberapa etika yang berkenaan dengan teknologi informasi yaitu: (1) Tidak menggunakan komputer untuk merugikan orang lain; (2) Tidak mengganggu komputer kerja orang lain; (3) Tidak melihat file-file pada komputer orang lain; (4) Tidak menggunakan komputer untuk mencuri; (5) Tidak menggunakan komputer untuk menipu/berbohong; (6) Tidak menggunakan atau mengkopi program secara ilegal; (7) Tidak menggunakan resource komputer orang lain tanpa ijin; (8) Tidak menggunakan hasil kerja orang lain; (9) Harus memikirkan efek sosial dari program yang dibuat; (10) Harus selalu menggunakan komputer dengan rasa respek dan tenggang rasa terhadap orang lain. Dengan demikian teknologi informasi hanyalah sesuatu alat bantu (tools) bagi manusia, pemanfaatannya tergantung manusia itu sendiri, seperti pisau dapat konstruktif atau destruktif. Faktor dominan penentunya adalah etika, moral dan agama.
Sekitar tahun 1950 komputer masih dianggap sebagai barang langka dan mewah. Namun sekarang komputer sudah hadir dimana saja, memasuki hampir seluruh sisi kehidupan manusia, termasuk di Indonesia. Bahkan sekarang khsusnya komputer mikro sudah merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan lagi untuk memudahkan atau membantu kehidupan manusia sehari-hari. Dari kalangan perguruan Tinggi sampai Pra sekolah sudah banyak dikenalkan tentang komputer ini, dan lebih dari bahkan di dapur-dapur rumah tanggapun komputer telah dirasakan jasanya.
Pemanfaatan komputer telah banyak ditemukan di sekitar manusia, seperti dalam perkantoran sehari-hari dan sangat membantu di berbagai bidang. Dengan bantuan komputer, seorang sekretaris selalu dapat membuat surat yang rapi dan cepat tanpa ada kesalahan ejaan. Daftar gaji mingguan atau bulanan karyawan selalu dapat disiapkan oleh bendaharawan dengan rapi, cepat dan tepat waktu. Demikian juga PLN, PD Air Minum, Bank, Telkom yang setiap bulan harus menyiapkan ribuan rekening bagi pelanggan, sudah tidak lagi merasa kesulitan karena jasa komputer yang dapat bekerja cepat dan dapat bekerja non stop 24 jam.
Kegiatan lalu lintas uang di dalam bank yang begitu ramai dengan volume uang yang berjumlah jutaan bahkan milyaran, sekarang dapat ditangani dengan cepat dan teliti. Bahkan sekarang bank telah dapat memberikan pelayanan pencairan uang secara otomatis kepada para langgaran selama 24 jam sehari berkat jasa komputer. Demikian juga dalam jasa pemesanan tempat di pesawat terbang, kereta api dan lain-lain untuk perjalanan ke beberapa tempat tujuan, dapat dipesan di kota pemberangkatan sekaligus dengan aman, bahkan bila ada rencana perubahan yang mendadakpun perusahaan dapat melayani dengan tenag karena bantuan komputer.
Di bidang teknologi, tanpa bantuan komputer tidak mungkin orang dapat mengirimkan manusia ke bulan. Dampak lain dari teknologi komputer adalah suatu negara dapat menyerang negara lain dengan peluru kendali tanpa meleset dari sasaran dari sasaran ayng dituju karena adanya komputer yang mampu mengolah penginderaan jarak jauh (remote sensing) dari satelit yang mengorbit.
Bila diperhatikan dengan seksama, masih banyak manusia yang belum menyadari bahwa sesungguhnya kehadiran komputer telah dapat melahirkan era (jaman) baru, sebagaimana penemuan mesin dari jaman revolusi industri yang mengibatkan jaman industri. Sama dengan penemuan mesin pada jaman industri, maka penemuan komputer ternyata sudah mengakibatkan lahirnya jaman baru yaitu jaman informasi yang dapat membantu meringankan beban manusia akibat efisiensi waktu, tenaga dan biaya.
Sekarang informasi merupakan komoditas yang sangat penting, sehingga ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang dicari oleh banyak manusia. Komoditi yang sanggup bersaing di duania sekarang ini adalah barang yang padat informasi, dimana salah satu adalah microchip semiconductor. Barang ini harga bahan bakunya kurang lebih 5 persen dari harga jualnya. Sebagian besar dari harganya merupakan harga ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya.


KOMPUTER
Mungkin timbul pertanyaan sebenarnya benda apakah komputer itu?. Secara singkat komputer merupakan alat yang dengan bantuan program akan mengolah data menjadi informasi. Secara umum definisi komputer adalah: alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi, dengan menggunanakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program), dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta berkerja secara otomatis. Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware) disebut sebagai Ilmu komputer. Dengan demikian Ilmu komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer, bagaimana menulis program komputer dan pengunaan aplikasi-aplikasi komputer, namun mencakup penggunaan komputer secara luas dalam kehidupan manusia.
Perangkat pengolah komputer terdiri dari 2 macam, yaitu perangkat keras (hardware) yang meliputi mesin komputer dan perangkat lunak (software) yakni program komputer. Kedua alat tersebut harus saling mendukung karena tanpa adanya salah satu, justru masing-masing menjadi tidak bermanfaat apapun.
Disamping kedua perangkat tersebut, adalagi sebuah perangkat yang tidak boleh dilupakan adalah perangkat manusia (brainware). Bagaimanapun kecanggihan dan hebatnya perangkat keras dan lunak, perlu diingat bahwa pada perangkat pikir atau perangkat akal inilah sebenarntya terletak kunci keberhasilan suatu usaha komputerisasi.

SISTEMATIKA ILMU KOMPUTER
Dengan semakin berkembang dan sudah begitu meluasnya komputer digunakan, maka semakin kabur tentang apa tentang ilmu Komputer. Bahkan cara-cara mengopersikan komputer sering disebut sebagai ilmu komputer. Pandangan tersebut tentu saja tidak benar.
Sistematika ilmu komputer dapat dilihat sebagamana diagram berikut:
ILMU KOMPUTER

PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PENGEMBANGAN
APLIKASI
SISTEM
APLIKASI






ADMINISTRASI
KOMPUTASI


ILMU KOMPUTER
Pada saat pertama kali komputer dikembangkan (l945), ilmu tentang perangkat keras dan perangkat lunak masih menjadi satu kesatuan dan relatif sederhana. Dengan perkembangan ilmu komputer disadari bahwa diperlukan spesialisasi dalam keahlian. Oleh karena itu ilmu tentang perangkat keras dan perangkat lunak masing-masing dikembangkan sendiri-sendiri.

PERANGKAT KERAS
Ilmu komputer tentang perangkat keras adalah ilmu yang mengembangkan tentang mesin-mesinnya, merancang dan membuat rangkaian elektroniknya, mencari dan menemukan bahan-bahan komputer yang lebih efisien. Misalnya dari teknologi tabung hampa udara (vacum tube), kemudian ditemukan semokonduktor, kemudian transistor. Sekarang ditemukan sistem untai terpadu (intengrated circuit), yang selanjutnya dikembangkan menjadi sebuah untai terpadu skala sangat besar (very large scale integrated circuit) yang berukur 2 x 1 cm dan terdiri dari atas ribuan komponen elektronika yang tersususn dalam untai yang terintegrasi. Dengan perkembangan tersebut, maka fisik komputer terus semakin menjadi kecil tetapi memiliki kemampuan yang semakin meningkat. Ilmu tentang perangkat keras komputer disebut Ilmu Teknik Komputer (Computer engineering).

PENGEMBANGAN PERANGKAT KERAS
Tujuan pengembangan mesin komputer adalah dihasilkannya komputer yang secara fisik terus semakin kecil, tetapi dengan kemampuan yang terus bertambah. Disinilah para ahli di bidang ini terus berusaha mencari bahan-bahan yang semakin canggih dan cocok untuk komputer. Salah satu terobosan yang sedang diusahakan adalah pengembangan komputer yang bekerja tidak dengan arus listrik lagi, namun dengan menggunakan cahaya.

APLIKASI PERANGKAT KERAS
Bidang ini dikembangkan dengan tujuan untuk pengembangan penerapan komputer sebagai alat bantu pada mesin-mesin yang lain. Misalnya penerapan komputer sebagai alat pengendali mesin produksi di pabrik-pabrik, sebagai pengendali reaksi-reaksi nuklir di PLTN, sebagai pengendali rudal dan lain sebagainya. Untuk dapat dipakai sebagai pengendali, maka komputer harus dirancang secara khusus disesuaikan dengan keperluan.

PERANGKAT LUNAK DAN PENGEMBANGANNYA
Setelah disadari bahwa perangkat lunak harus dipisahkan dengan perangkat keras, ternyata justru peranan perangkat lunak menjadi lebih penting daripada perangkat keras. Hal ini bukan berarti perangkat keras tidak penting, tetapi kerja komputer memang ditentukan oleh perangkat lunaknya. Harga perangkat keras yang relatif terus menurun, sedangkan harga perangkat lunak terus meningkat.
Dengan semakin berkembangnya ilmu tentang perangkat lunak, kemudian dipisahkan antara ilmu yang bertugas untuk mengembangkan kemampuan perangkat lunak dan ilmu yang bertugas mengambangkan aplikasi perangkat lunak. Ilmu tentang perangkat lunak komputer disebut Ilmu Sistem informatika (Informatics system).
Di negara-negara yang telah maju, perguruan tinggi yang mengajarkan bidang ini telah dibentuk Fakultas tersendiri, misalnya fakultas informatika (informatics) ada juga fakultas sains komputer (computer science). Semua fakultas tersebut didirikan terutama untuk pengembangan ilmu tentang perangkat lunak.

APLIKASI PERANGKAT LUNAK
Dengan semakin berkembangnya ilmu tentang perangkat lunak, maka perlu dikembangkan berikutnya bagaimana perangkat lunak yang sudah ada dapat dipergunakan semaksimal mungkin.
Pada awalnya memang komputer dibuat hanya untuk komputasi, namun kemudian disadari akan potensinya yang besar dalam bidang bisnis, administrasi dan lain-lain, dan justru sekarang yang banyak berkembang komputer sebagaian besar untuk memabntu kelancaran urusan kantor.
Secara garis besar, aplikasi perangkat lunak dibagi menjadi dua macam aplikasi yaitu aplikasi komputasi dan aplikasi administrasi.
Memang sesuai dengan namanya computer merupakan alat yang dikembangkan untuk aplikasi hitung menghitung dimana kemampuannya sangat luar biasa karena tepat dan akurat. Dengan perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat, maka aplikasi lain seperti penerbangan pesawat antariksa ke bulan atau ke planit-planit lainnya boleh dikatakan mutlak memerlukan komputer. Untuk itu semua diperlukan pengembangan pengembangan perangkat lunak untuk aplikasi komputasi. Perancangan pesawat dan peralatan labotarium-laboratorium berjalan dan berkembang dengan cepat sekali dengan adanya komputer.
Dengan adanya kebutuhan yang sangat besar dari dunia bisnis untuk menangani berbagai data, dokumen yang cepat dan akurat, maka banyak pula dikembang aplikasi perangkat lunak untuk aplikasi komputer di bidang bisnis dan administrasi. Bidang ini berkembang misalnya membantu seorang sekretaris dalam menulis dokumen, menangani masalah akuntasnsi, permbuatan daftar gaji dan lain-lain. Upaya ini terus dikembangkan sehingga usaha ke arah otomatisasi kantor akan membantu memudahkan segala macam urusan kantor akan dapat dilakukan dengan cepat, teliti, efektif, efsien dan otomatis.
Disamping itu, sekarang telah dikembangkan secara luas berbagai macam aplikasi komputer di bidang-bidang khusus, antara lain :
a. Computer aided design (CAD), digunakan dalam bidang yang banyak menggunakan gambar dalam prosesnya, misalnya perncangan pesawat, arsitektur dal lainnya.
b. Computer aided Instruction (CAI), aplikasi komputer untuk membantu bidang pengajaran dalam pembuatan paket pengajaran. Dengan bantuan paket komputer dapat bertindak sebagai guru yang pandai di rumah untuk membantu para siswa mengerjakan tugas-tugasnya.
c. Pengembangan teknik robotika (robotic)

SEJARAH KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
GENERASI PRA KOMPUTER
Sejak nenek moyang manusia mengenal bilangan dan angka, maka kira-kira 3000 SM manusia mulai berusaha mencari alat bantu untuk keperluan hitung menghitung. Mulailah dikembangkan abacus (swipoa) sebagai alat bantu mengitung (2600 SM). Baru tahun 1642 Blaise Pascal (Perancis) membuat alat hitung mekanik, yang dapat melaksanakan penambahan dan pengurangan sampai enam angka. Kemudian Gotfried Wilhelm Leibnitz (l694) mengembangkan mesin yang dapat melakukan empat jenis operasi aritmatika dasar yaitu perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan.
Joseph Marie Jacquard (l804) mengembangkan operasi otomatisasi dengan bantuan kartu-kartu yang dilubangi. Alat temuan Jacquard berhasil melakukan otomatisasi pada pabrik tenun. Kartu ini merupakan cikal bakal punch cards yang dipakai yang dipakai komputer sampai tahun 1950.
Charles Babbage (1812) dari Universitas Cambridge Inggris mengembangkan alat yang dapat melakukan proses perkalian panjang secara otomatis yang biasanya dilakukan secara bertahap dengan alat temuan Leibnitz. Alat tersebut berupa kepingan kayu yang dilubangi, dimana lubang-lubang tersebut merupakan perintah-perintah yang harus dikerjakan oleh alat tersebut. Alat temuan Babbage tersebut dikenal sebagai difference engine. Kemudian disempurnakan menjadi analytical engine. Konsep mesin Babbage disempurnakan oleh seorang ahli matematika yang brilian, Lady Augusts Ada Lovelace (Lady Ada). Akibat temuan tersebut, bersangkutan dikenal sebagai programer komputer pertama, dengan diabadikan namanya (ADA) sebagai salah satu bahasa komputer terbaru. Hollerith (l890) menciptakan punch cards untuk membantu mempercepat proses penghitungan sensus penduduk di Amerika. Dengan alat tersebut perhitungan yang biasanya membutuhkan waktu 10 tahun dapat dipercepat menjadi 3 tahun. Salah satu yang mendukung keberhasilan Hollerith adalah mulai berkembangnya ilmu kelistrikan. Dengan kesuksesannya, Hollerith mendirikan perusahaan sendiri yang disebut tabulating machine company. Perusahaan ini setelah bergabung dengan beberapa persahaan lain, membentuk perusahaan baru yaitu international bussiness company (IBM).
Tahun 1944, Howard (Universitas Havard) berhasil membuat komputer elektrik mekanik yang diberi nama MARK I, meskipun sebelumnya Prof.John Vincent Atanasoff (Iowa state college) dengan asistennya Clifford Berry (l937) telah mengembangkan prototipe komputer yang disebut Atanasoff - Berry – Computer (ABC).
Tahun 1940 Atanasoff dan Berry bertemu dengan John W. Maugcly (Moore School of Electrical Engineering Universitas Pensylvania), dan komputer elektronik pertama di dunia berhasil ditemukan oleh John W. Maugcly bersama-sama J.Presper Eckert Jr (l945) yang diberi nama electronic numerical integrator and calculator (ENIAC). ENIAC ukurannya sangat besar, memiliki berat 3 ton dan menempati ruang sekitar 180 m2, yang dapat melakukan 300 opersi perkalian per detik.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA
ENIAC dianggap sebagai awal kelahiran komputer elektronik, komputer generasi pertama. Ciri-cirinya: untai elektroniknya menggunakan tabung hampa (vacum tube)., ukurannya raksasa, kemampuannya 300 operasi perkalian per detik, memori kecil (sekitar 10 kilo byte = 10240 byte).
Salah satu ahli komputer yang menemukan prinsip pemrograman adalah John Von Neumann (Universitas Priceton), dengan dua konsepnya yang penting yaitu: (a) komputer dapat bekerja dengan menggunakan prinsip binary; (b) program komputer sebaiknya disimpan di dalam memori.
Berdasarkan konsep Von Neumann, maka Maugcly dan Eckert berusaha membuat komputer lebih canggih yang diberi nama electronic discrete variable automatic computer (EDVAC). Berikutnya Universitas Cambridge (Inggris) membuat komputer electronic delayed storage automatic computer (EDSAC). Perusahaan swasta pembuat komputer komersial pertama dibangun oleh Maugcly dan Eckert yang diberi nama universal automatic computer (UNIVAC), yang sekarang bergabung dengan BURROUGH dengan nama baru UNISYS. Perusahaan ini berhasil menjual komputer komersial pertama kepada Biro sensus Amerika dan mesin komputer komersial pertama tersebut diberi nama UNIVAC-1, yang tercatat dalam sejarah berjasa membatu biro sensus Amerika selama 12 tahun.

KOMPUTER GENERASI KEDUA
Kelahiran komputer generasi kedua, diawali ditemukannya semi konduktor, yang merupakan bahan setengah penghantar arus listrik, yaitu yang berupa Germanium dan Silicon. Bahan semikonduktor dapat dipakai untuk membuat alat yang bernama transistor, yang mempunyai cara kerja mirip tabung hampa, sehingga dapat dipakai mengganti fungsi tabung hampa. Dengan demikian komponen komputer yang tadinya dibuat dari tabung hampa digantikan dengan transistor. Transistor secara fisik lebih kecil dari tabung hampa, namun memiliki kemampuan yang lebih efisien, sehingga komputer generasi kedua fisiknya jauh lebih kecil, tetapi kemampuannya justru lebih meningkat.
Transistor ditemukan di Bell Laboratories (l947) oleh John Bardeen, Wlliam Shockley dan Walter Bratain. Tahun 1955 Shockley mendirikan perusahaan Shockley semi conductor di Alto California. Kemudian beberapa pegawai Shockley mendirikan perusahaan baru dengan nama Fairchild semi conductor, yang selanjutnya pegawai Shockley dan pegawai Fairchild membuat perusahaan baru yang sangat terkenal sampai sekaran yaitu Intel Corporation. Didaerah sekitar perusahaan Shockley dikenal sebagai lembah silicon (Silicon valley) karena banyaknya perusahaan semikonduktor yang berlokasi tersebut.
Komputer generasi yang telah dipasarkan tahun 1960 UNIVAC 1107, HONEYWELL 1604, IBM 1400, dan lain-lain. Pada tahun tersebut juga berkembang bahasa komputer (perangkat lunak) yaitu bahasa komputer aras tinggi (high level language), yaitu Formula translation (FORTRAN).

KOMPUTER GENERASI KETIGA
Tanda dari kelahiran komputer generasi ketiga adalah ditemukannya untai terpadu (integrated circuit=IC), yang merupakan suatu sistem untai elektronik kompleks yang dapat ditempatkan dalam satu lempeng kecil (microchip). Ukurannya kecil tetapi kemampuan kerjanya sangat besar. Dengan berkembangnya teknologi untai terpadu ini maka komputer ukurannya menjadi semakin kecil, namun memiliki kemampuannya terus semakin meningkat. Komputer pada generasi mampu melaksanakan satu juta operasi pertambahan per detik. Memorinyapun telah mencapai jutaan byte.
Komputer generasi ini tahun 1970 dapat dibeli di pasaran, antara lain IBM 360, IBM 370 UNIVAG 90/30 dan lain-lain. Bersamaan dengan berkembangnya komputer ini, berkembang pula perangkat lunak menjadi teknik-teknik pemrograman jamak (multi programming).
Pada masa tersebut dikembangkan pula alat bantu magnetis yang berupa cakram magnetis yang dipakai alat akses langsung, juga pemakaiann komputer secara on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh mulai dikembangkan. Perusahaan penerbangan banyak menggunakan fasilitas komputer on line.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Perkembangan yang terus menerus dari para pakar komputer menghasilkan kemajuan yang luar biasa. Komputer ukurannya menjadi semakin kecil karena untai terpadu sekarang digabung dengan untai terpadu yang lain dan dibuat untai terpadu skala besar yang lebih padat yang dikenal Vey large scale ICI (VLSI). Kecepatannya semakin bertambah, memori semakin besar dan harganya semakin turun.
Komputer generasi ini mulai berkembang pada tahun 1975, yaitu komputer IBM 43xx, UNIVAC 11xx, dan lain-lain. Pada masa ini salah satu kenyataan yang muncul adalah membanjirnya mikrokomputer di seluruh dunia. Mikrokomputer memiliki otak yang dikenal sebagai mikroprosessor (microprocessor), yang terdiri dari satu chip, yang didalamnya tersimpan beribu-ribu komponen yang diintegrasikan dalam satu benda saja, yang merupakan perwujudan dari VLSI. Chip ini harganya murah. Dengan ditemukannya bahan ini, maka mikrokomputer harganya sangat murah sama dengan sepeda motor, dengan berat hanya sekitar 5 kg, yang memiliki kemampuan berlipat kali ganda dibandingkan dengan ENIAC.

KOMPUTER GENERASI KELIMA
Komputer generasi pertama sampai keempat masih menggunakan konsepsi sama yaitu yang dikembangkan Von Neumann, Pada komputer generasi kelima yang dicita-citakan pakar komputer adalah komputer yang kerjanya tidak menggunakan cara lama.
Ciri komputer generasi kelima sudah bukan lagi berupa peningkatan kecepatan proses dan penambahan memori. Komputer generasi kelima diharapkan adalah suatu komputer yang mempunyai kemampuan artificial intelengence (kecerdasan buatan), yang mempunyai kecerdasan menyerupai kepandaian manusia (thinking computer). Misalnya komputer melakukan suatu proses dan menemukan kesalahan sewaktu memroses, maka komputer akan memperbaiki sendiri kesalahan tersebut tanpa perlu dibantu manusia.

KOMPUTER SUPER
Komputer super merupakan sebutan untuk jenis komputer tercepat yang dapat diperoleh pada masa kini, yang dapat digolongkan komputer generasi kelima, yang lebih maju daripada komputer generasi keempat biasa. Salah satu perbedaannya adalah menggunakan vektor prosessor. Komputer biasa bekerja dengan menggunakan sebuah prosessor, sedangkan komputer super bekerja dengan menggunakan beberapa buah prosessor yang dapat bekerja sama secara paralel didalam suatu sistem yang dinaman vektor prosessor. Komputer super kecepatannya sangat tinggi, yaitu sekitar 1 milyard operasi per detik yang setara dengan 10000 komputer IBM PC/XT yang bekerja bersama-sama.
Komputer super banyak digunakan untuk laboratorium-laboratorium yang memerlukan banyak perhitungan. Misalnya untuk keperluan merancang pesawat terbang, untuk badan Meteorologi, untuk pemboran minyak dan lain-lain. Pabrik pembuat komputer super antara lain Cray Research, dengan komputer buatannya CRAY-1, CRAY-2, dan CRAY X-MP. Pembuat komputer super lain seperti Control data corporation yang membuat CYBER 205. Perusahaan Jepang yang memproduksi komputer super antara lain FUJITSU, NEC dan lain-lain.

KEMAMPUAN KOMPUTER
Sering manusia mempunyai gambaran bahwa komputer merupakan suatu kotak ajaib yang mampu melakukan banyak hal secara ajaib pula, misalnya meramal nasib orang, memilih jodoh dan lain-lain. Pengertian seperti itu perlu diluruskan. Komputer bukanlah kotak ajaib. Memang komputer memiliki kemampuan luar biasa tetapi hal demikian tidak berarti lalu komputer dapat melakukan apa saja. Harus diingat bahwa bagaimanapun juga komputer hanyalah benda mati yang dibuat manusia dengan segala macam kelemahannya.
Manusia sebagai ciptaan yang Maha Kuasa, masih jauh lebih mengagumkan (ahsani taqwiim). Manusia dibekali cipta, rasa dan karsa. Manusia mempunyai kemampuan mencipta sesuai yang belum ada menjadi ada. Manusia mempunyai kemampuan untuk merasakan dengan pancaindera. Manusia memiliki karsa, yaitu kehendak untuk mencapai sesuatu. Komputer tidak memiliki semuanya. Dipihak lain komputer memang memiliki keunggulan dibandingkan manusia natara lain: kecepatan, ketelitian dan keandalan.
Dari sisi kecepatan jelas komputer miliki kecepatan yang jauh sangat melebihi manusia. Misalnya perkalian angka. Demikian juga ketelitian untuk menghitung komputer jelas lebih baik. Misalnya dalam pembagian komputer mampu menghasilkan beberapa angka di belakang koma. Mengenai keandalan komputer tidak diragunkan karena komputer mampu bekerja berjam-jam tanpa menurun konsentrasinya. Disamping itu komputer memiliki kemampuan untuk menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak dan dengan ketelitian yang sangat tinggi.



















KLASIFIKASI KOMPUTER

Komputer dapat diklasifikasi berdasarkan beberapa macam
KLASIFIKASI BERDASARKAN PERKEMBANGANNYA
1. Komputer generasi pertama, dengan ciri-ciri menggunakan tabung hampa, kecepatan rendah (sekitar 400 operasi per detik) dan memori kecil. Contoh ENIAC
2. Komputer generasi kedua, dengan ciri-ciri menggunakan untai elektronik yang bukan tabung hampa melainkan semikonduktor, sehingga bentuknya kecil dan kemampuannya semakin bertambah. Contoh IBM 1401
3. Komputer generasi ketiga, dengan ciri-ciri menggunakan untai terpadu (IC) yang berupa untai elektronik yang dipadatkan didalam kotal kecil yang disebut cip (Chip). Contoh IBM sistem 360
4. Komputer generasi keempat, dengan ciri-ciri menggunakan untai terpadu skala besar (Large Scale Integrated circuit=LSI) yang berupa banyak IC yang dipadatkan . Contoh IBM sistem 43xx
5. Komputer generasi kelima. Komputer yang dicita-citakan manusia oleh para pakar komputer, bukan merupakan pengembangan yang begitu saja dari generasi-generasi komputer pendahulunya, yang hanya memikirkan semakin tingginya kecepatan dan semakin besarnya memori, karena hal ini sudah tidak berdampak lagi bagi masyarakat. Komputer generasi ini bila pernah menmgalami error, maka pada lain kesempatan komputer tersebut akan bisa memperbaiki error tersebut dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia lagi. Berbeda dengan komputer yang terdahulu bila listrik mati , maka data yang berada dalam memori akan hilang dan untuk mengingatnya maka komputer harus diingatkan dari awal lagi dan diisi kembali.

KLASIFIKASI MENURUT CARA KERJANYA
Komputer adalah suatu alat elektronik yang bekerja dengan menggunakan tenaga listrik, sehingga cara kerja komputer tidak terlepas dari cara kerja tenaga listrik. Tenaga listrik dapat bekerja dengan sistem kontinyu dan sistem digital. Tenaga listrik yang dipakai sehari-hari adalah sistem kontinyu, dengan bentuk gelombang sinusoida. Pada sistem ini gelombang listrik berubah-ubah tegangannya dari misalnya –300 volt ke lebih kurang 300 volt secara kontinyu. Sedangkan dalam sistem digital, tenaga listrik berubah-ubah dengan sekonyong-konyong tidak secara kontinyu.
Berdasarkan cara menggunakan lsitrik tersebut dikembangkan komputer :
1. Komputer analog, yang bekerja dengan menggunakan sistem kontinyu. Keuntungannya harganya relatif murah, namun tidak terlalu teliti dalam melakukan perhitungan. Komputer ini cocok untuk perhitungan-perhitungan teknik.
2. Komputer digital, yang bekerja dengan sistem digital. Komputer ini bekerja dengan sangat cepat dan memiliki ketelitian yang tinggi. Komputer ini yang dipakai secara luar baik di bidang teknik, bisnis dan rumah tangga.
3. Komputer hybrid, bekerja dengan kedua sistem listrik tersebut bersama-sama

KLASIFIKASI MENURUT FUNGSINYA
1. Komputer untuk penggunaan umum (general purpose computer). Komputer ini banyak dipakai untuk membantu perhitungan teknik, maupun pengolahan data administrasi, dan memang dirancang untuk dipakai oleh umum. Komputer ini banyak dipakai sehari-hari di toko, laboratorium, poerusahaan dan lainnya.
2. Komputer untuk penggunaan khusus (special purpose computer). Komputer ini dirancang khusus agar sesuai dengan kebutuhan,misalnya secara fisik kecil tetapi ketelitiannya sangat tinggi. Contoh komputer yang dipakai pada rudal.

KLASIFIKASI MENURUT KAPASISTASNYA
1. Komputer mikro, ukuran fisiknya mulai dari kalkulator sampai 0.5 x 0.5 x 0.5 m yang dapat diletakkan diatas meja. Kapasitas memorinya dapat 65 kilobyte (KB), 256 KB, 512 KB, 3 MG atau 3000 KB. Kapasitas penyimpanan magnetisnya bervariasi dari 100 KB (menggunakan disket) sampai lebih 40 juta byte (menggunakan harddisk). Contoh IBM PC, APPLE II, JANGGER, GARUDA (buatan Indonesia) dan lain-lainnya.
2. Komputer mini, memiliki kemampuan beberapa kali lebih besar daripada komputer mikro. Ukuran fisik sebesar lemari kecil dengan memori paling kecil 128 KB sampai 16 MB atau lebih. Komputer ini dapat dipakai komputasi data ribuan orang. Kapasitas penyimpanan magnetisnya dapat mencapai ratusan juta byte. Contoh IBM S/38, MINI VAX dan sebagainya.
3. Komputer medium, yang kemampuannya beberapa kali komputer mini. Diperlukan ruangan khusus untuk menyimpannya dengan memori minimal 512 KB sampai 36 MB atau lebih. Komputer ini dapat menangangi pegawai ribuan orang. Contoh IBM 4381, IBM 370/165 dan sebagainya.
4. Komputer maksi (maxi), memerlukan ruangan yang besar, memori dapat mencapai 64 MB.Komputer ini dapat menangani data jutaan orang sekaligus. Contoh IBM 3081. Komputer ini dipakai oleh perusahan-perusahaan penerbangan untuk melayani pengaturan pemesanan tempat dari ribuan orang dan puluhan kota di seluruh dunia. Banyak pabrik komputer yang mengembangkan sistem ini antara lain CDC, FUJITSU, UNISYS, HONEYWELL dan lainnya. IBM mengeluarkan model IBM 3081, IBM 3083, dan sebagainya.
5. Komputer super. Dibedakan dengan komputer maksi biasanya di dalam hal prosessor terdiri dari lebih satu, yang bekerja secara bersama-sama sehingga bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi. Kecepatan kerjanya dapat mencapai I milyar operasi per detik ( 1 giga operasi per detik= 1 GOPS). Contoh CRAY –1, CRAY-2, CRAY X-MP, CDC dengan Cyber 205, NEC, FUJITSU dan sebagainya.

MERK KOMPUTER
Selain klasifikasi diatas, maka komputer di pasaran dapat diklasifikasi berdasarkan merknya.Misalnya IBM, UNIVAC, ICI, NCR, HONEYWELL, APPLE, FUJITSU, NEC dan lain-lainnya. Setiap pabrik komputer biasanya menghasilkan komputer berbagai macam model dan ukuran komputer. Nama yang diberikan biasanya terdiri dua bagian, pertama kode sistem dan yang kedua kode model. Misalnya IBM 370/145, artinya mempunyai sistem dengan kode 370 dan modelnya model 145




PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Perangkat keras komputer terdiri dari perangkat keras pokok dan perangkat keras bantu.
PERANGKAT KERAS POKOK
Perangkat keras pokok komputer pada dasarnya terdiri dari 5 komponen penyusunnya, yaitu: unit masukan, unit memori, unit pusat pemrosesan, unit perhitungan dan penalaran dan unit keluaran.
Diagram organisasi kelima unit tersebut didalam membentuk sistem komputer adalah sebagai berikut:
MEMORI
CPU
ALAT MASUKAN
ALAT KELUARAN




DATA INFORMA INFORMASI
A/LU



KOMPUTER


MEMORI
Pada awal perkembangan komputer (l945), alat yang digunakan sebagai memori adalah cincin magnetis (magnetic core). Cincin magnetis ukurannya kecil sekali dengan jari-jari hanya beberapa mililiter yang ditengahnya dipasang untai kawat untuk menyalurkan arus listrik. Apabila benda logam berbentuk cincin diberi aliran listrik, maka akan terbentuk medan magnet. Arah medan magnet yang dibangkitkan dapat searah dengan jarum jam maupun berlawanan dengan arah jarum jam taergantung dari arah aliran arus listrik. Dalam hal penggunaannya sebagai unit memori, maka dapat dibuat bahwa bila medan magnet searah dengan jarum jam berarti cincin tersebut menyatakan bit 1, dan bila arahnya berlawanan dengan arah jarum jam cincin tersebut menyatakan bit 0. Setiap karakter huruf A dinyatakan dengan kombinasi kombinasi bit menurut metode yang dipakai. Bila dipakai metode extended binary coded decimal interchange code (EBCDIC), maka setiap karakter dinyatakan dengan 8 bit. Jadi apabila setiap cincin magnetis menyatakan 1 bit, maka setiap karakter membutuhkan 8 buah cincin magnetik untuk menyatakannya. Sedangkan untuk metode American code for information interchange (ASCHII) setiap karakter cukup dinyatakan dengan 7 bit.
Karena tiap karakter memakai 8 bit untuk menyatakannya (sistem EBCDIC), maka berarti juga setiap karakter membutuhkan 8 cincin magnetis. Jadi dapat dibayangkan berapa banyaknya cincin magnetis yang harus ada bila suatu komputer mempunyai memori sebesar 1 juta byte. Oleh karena itu pada waktu memori masih menggunakan cincin magnetis harganya sangat mahal. Komputer umumnya membutuhkan memori dengan kapasitas besar, sehingga para pakar mengembangkan teknologi membuat memori dengan sistem lain, yaitu menggunakan bahan semikonduktor. Setelah tahun 1970 semua komputer sudah menggunakan metal oxide semi conductor (MOS) sebagai memori.
Memori dengan MOS ini berbentuk lempengan yang sangat kecil, berukuran 1 x 1 cm, tetapi mempunyai kapasitas simpan sangat besar. Cip tersebut mampu berkapasitas sampai 16000 byte per buahnya. Dengan sistem ini, ruangan yang diperlukan untuk memori menjadi sangat kecil, tetapi kapasitasnya sangat besar, sehingga harganya menjadi sangat murah. Perkembangan selanjutnya adalah ditemukannya teknik bubble memory.
Dalam duania komputer sehari-hari, memori sering disebut random acess memory (RAM= pengingat akses acak), karena data dapat ditulis maupun dibaca pada lokasi dimana saja didalam memori. Jenis memori lain adalah read only memory (ROM), memori yang hanya dapat dibaca dan tidak dapat ditulisi. Pengisian ROM dengan program maupun data dikerjakan oleh pabrik.
Satuan memori adalah byte, dimana 1 byte adalah kemampuan memori untuk menyimpan satu karakter. Memori dapat dibayangkan sebagai suatu almari dengan beratus-ratus bahkan beribu-ribu kotak, dengan setiap kotak menyatakan satu byte.
Kapasitas suatu komputer dinyatakan dengan istilah byte. Satuan sebesar 2^10 byte, yaitu 1024 byte, disebut 1 kilo byte (1 KB). Satuan 1 mega byte berarti sama dengan 1000 KB. Bila suatu komputer dinyatakan berkapsitas 512 KB berarti kapasitas memori tersebut adalah 512 x 1024 byte = 524288 byte. Dengan memori sebanyak itu kotak-kotak tersebut mempunyai alamat mulai 0 sampai 524287. Ini berarti apabila memori komputer tersebut dipakai untuk menyimpan huruf A, maka dapat menyimpan sebanyak 524288 huruf A. Teknik penyimpanan 1 karakter menggunakan tempat sebanyak 1 byte adalah berlaku untuk data alphanumeris, yakni semua karakter A-Z, 0, 1-9, ?, >,< dan * dan semua simbul yang ada.
Lain halnya dengan teknik penyimpanan bilangan numeris. Untuk menyimpan suatu bilangan misalnya 1.5 atau 136793898 atau yang lain, komputer menggunakan suatu cara tertentu yang khusus, yaitu disimpan dengan menggunakan memori sebanyak 4 byte. Baik bilangan 1.5 maupun bilangan 136793898 komputer menyimpannya dengan menggunakan memori sebanyak 4 byte. Dengan teknik tersebut maka bilangan ini dpat ditambahkan atau dikalikan dan sebagainya. Bilangan 136793898 dapat berarti sebagai bilangan, misalnya keuntungan suatu PT tertentu, sehingga dapat dijumlah atau dikurangi dan sebagainya. Namun dapat juga menunjukkan NIP (nomor induk pegawai) seorang karyawan. Sebagai suatu NIP bilangan tersebut bukan untuk dikalikan atau ditambahkan, sehingga bilangan tersebut hanya berfungsi sebagai karakter saja. Sebagai karakter untuk menyimpannya dalam memori memerlukan 9 byte. Oleh karena pentingnya satuan 4 byte, maka 4 byte disebut dengan istilah 1 word. Bilangan yang disimpan dengan menggunakan memori sebanyak 4 byte, disebut sebagai bilangan berpresisi tunggal. Untuk bilangan berpresisi tunggal ketelitian yang dapat dicapai maksimum hanyalah 7 digit. Bila ingin melakukan proses perhitungan yang membutuhkan ketelitian tinggi, misalnya menghitung lintasan satelit, perancangan pesawat terbang dan lain-lain dapat digunakan bilangan dengan presisi ganda, yang membutuhkan memori yang lebih banyak yaitu 8 byte dengan ketelitian meningkat menjadi 16 digit.
Ada juga model lain yaitu model integer = bilangan bulat. Model ini adalah bilangan yang tidak bisa mempunyai tanda desimal, sehingga tidak bisa untuk menyimpan pecahan. Bilangan integer berpresisi tunggal hanya memerlukan 2 byte memori, sedangkan bilangan tneger berpresisi ganda membutuhkan 4 byte memori.

UNIT MASUKAN
Unit masukan adalah bagian dari sistem komputer yang bertugas untuk menerima perintah maupun data dari luar masuk ke dalam komputer. Unit masukan terdiri dari berbagai jenis alat, antara lain:
1. Papak ketik (keyboard). Unit ini sekarang yang paling banyak dipakai, terutama oleh komputer mikro. Model papan ketik bervariasi sesuai dengan pabrik pembuatnya. Tombol papan ketik dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu:
a. Tombol mesin ketik biasa. Kelompok tombol yang biasanya berada di tengah papan ketik. Tombol ini fungsi dan letak/posisi hurufnya sama dengan mesin kerik biasa.
b. Tombol numerik. Tombol ini umumnya berada dibagian sebelah kanan pakan ketik. Tombol ini sering digabung dengan fungsinya dengan tombol anak panah (untuk menggerakkan kursor). Bila akan menggunakan tombol numeriknya harus menekan tombol kunci numerik (num lock).
c. Tombol fungsi. Tombol ini bisanya terletak di sebelah kiri atau di atas papan ketik. Tombol ini fungsinya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Biasanya disediakan 10-12 buah tombol fungsi yang masing-masing dapat diatur fungsinya. Papan ketik umumnya dibuat terpisah dengan unit pengolah pusat (CPU), supaya papan ketik dapat diletakkan secara leluasa ditempat ditempat yang senyaman mungkin, sehingga efektifitas penggunaan komputer dapat ditingkatkan karena lebih berkonsentrasi dan lebih hemat tenaga.
2. Pembaca kartu (card reader). Sebelum tahun tujuh puluhan perintah-perintah atau data-data yang diberikan pada komputer biasanya ditulis dalam suatu media masukan yang disebut kartu plong (punch card). Kartu plong selanjutnya dibaca oleh unit masukan yang disebut pembaca kartu (card reader). Mesin plong juga menggunakan alat seperti papan ketik untuk penulisannya, tetapi papan ketik yang dipakai kemampuannya lain dibandingkan dengan papan ketik biasanya. Karakter yang dituliskan pada papan ketik akan dibuatkan lubangnya pada kartu plong. Bila kartu terlanjut berlubang, tentu tidak dapat ditutup kembali, sehingga tidak dapat dipakai lagi. Oleh karena banyaknya kelemahan inilah maka metode pemasukan data dengan kartu plong sekarang hanyalah tinggal menjadi sejarah saja.
3. Pembaca dengan cahaya. Alat masukan media cahaya bekerja mebaca data dengan menggunakan bantuan cahaya. Jenisnya antara lain:
a. Optical mark reader (OMR). Bahan yang dibaca berupa kertas yang sudah diberi tanda, yaitu bisanya dilakukan dengan pensil 2B. Kertas yang dipakai berkualitas tertentu yakni liat dan tidak mudah sobek, juga cukup halus agar mudah melewati pembaca dengan baik. Untuk memperoleh hasil yang baik perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut: (a) lembar jawaban tidak boleh kotor, baik debu atau tinta., (b) tidak boleh terlipat, (c) pensil yang digunakan harus tepat dan (d) pemberian tanda harus rapi dan benar.
b. Pena cahaya (light pen). Alatnya berbentuk seperti pena yang disambungkan kabel dibelakang dan disambungkan langsung pada komputer. Bila ujung pena dibawa ke layar monitor dan pena digerak-gerakkan dilayar maka pada layar akan terdapat gambar atau tulisan hasil goresan yang dibuat tadi. Gambar disimpan dan diolah lebih lanjut dengan program sesuai dengan yang diinginkan.
c. Sacanner. Alat ini dapat dipakai untuk membaca sebuah dokumen yang tertulis pada sebuah kertas, dengan cara melewatkan kertas tersebut pada alat ini, sehingga tulisan yang ada dapat dibaca oleh komputer dan selanjutnya diolah lebih lanjut sesuai dengan keinginan..
4. Pembaca dengan alat mekanis.
Adalah alat masukan yang membaca data dengan menggunakan media mekanis. Gerakan mekanis diubah kebentuk pulsa listrik dan menjadi data masukan untuk prosessor.
a. Joystick. Alat ini biasanya dipakai untuk memberikan masukan pada permainan dengan komputer.
b. Mouse. Alat ini menggunakannya dengan cara menggerak-gerakan diatas meja dengan seperti gerakan tikus.
5. Pembaca dengan media suara. Alat masukan ini sudah ada namun masih terus dikembangkan. Dengan media ini komputer diberikan perintah dengan kata-kata dan komputer sudah mengertinya. Masalah yang muncul adalah suara masing-masing orang tidak sama.
6. Pembaca dengan media magnetis. Contoh alat yang digunakan adalah:
a. Digitizer. Alat ini sangat tepat untuk memindahkan gambar, misalnya peta dari gambar dikertas ke layar komputer. Dengan digitizer pemindahan gambar dari suatu media, kertas ke komputer menjadi pekerjaan yang tidak sulit.
b. Magnetic ink recognition (MIR). Alat ini membaca tulisan yang ditulis dengan tinta khusus yaitu tinta magnetis.
7. Pembaca khusus. Salah satu alat yang dirancang khusus untuk masukan komputer misalnya adalah Bank teller yang dikenal sebagai automatic teller machine (ATM). Alat inu merupakan unit masukan yang dapat diletakkan dimana saja, misalnya di pusat pertokoan yang ramai. Unit masukan ini dihubungkan dengan komputer yang ada di kantor pusat suatu bank. Para nasabah yang memerlukan uang dapat mengambil langsung dari unit ini dengan memasukkan kartu khusus ke dalamnya. Unit ini akan membaca kemudian mengirimkan hasilnya ke komputer pusat. Bila data dari kartu sah, maka komputer pusat akan mengirimkan sinyal ke unit tersebut dan unit tersebut akan mengelaurkan uang sesuai dengan permintaan nasabah.

UNIT PUSAT PEMROSESAN
Sesuai dengan namanya, unit ini merupakan alat untuk pusat pemrosesan semua perintah-perintah yang diberikan. Alat ini disebut juga central processing unit (CPU) atau kadang-kadang disebut prosesor. Unit ini terdiri rangkaian elektronik yang rumit dan kompleks. Bila suatu perintah diterima oleh unit ini, maka perintah akan diinterpretasikan, dipecahkan kode-kodenya dan sesuai dengan kode-kode tersebut unit ini akan mengeluarkan perintah-perintah pada unit lain untuk melaksanakan tugas yang diterimanya. Untuk komputer ukuran besar, unit pemrosesan diletakkan di dalam suatu kotak besar. Unit Pusat Pemrosesan untuk komputer besar umumnya dibuat sendiri oleh pabrik komputer yang mengeluarkan merk komputer tersebut. Misalnya pabrik komputer IBM, untuk komputernya pabrik ini membuat unir pusat pemrosesan sendiri. Sedang untuk komputer mikro, unit pusat pemrosesan-nya biasanya dibuat oleh pabrik lain, yaitu pabrik yang khusus membuat prosesor, yang bukan pabrik pembuat komputernya. Unit pusat pemrosesan untuk komputer mikro biasanya dibuat dalam suatu lempeng kecil kompak, yang disebut very large scale integrated circuit (VLSI). Lempeng kecil ini disebut sebagai unit pemrosesan mikro, atau mikroprosesor.
Unit pusat pemrosesan mikro biasanya dipakai dalam komputer mikro. Nama pabrik yang membuat unit pemrosesan mikro ini antara lain intel, motorola, zilog dan lain-lain. Bisanya suatu pabrtik unitpemrosesan mikro mengeluarkan bermacam-macam model mikroprosesor, misalnya pabrik intel, mengeluarkan model 8088, 8086, 80386 dan lain-lain. Untuk kerja suatu unit pusat pemrosesan dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan bit nya dan juga oleh frekuensi kerjanya. Kapasitas bit untuk unit pemrosesan biasanya adalah 8, bit sampai 16 bit. Bila suatu prosesor berkapasitas pemrosesan 8 bit, maka dapat dipikirkan bahwa prosesor tersebut mempunyai 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit instruksi. Demikian juga untuk 16 bit, masing-masing mempunyai 16 pintu. Dengan demikian unit pusat pemrosesan 16 bit dapat memproses kira-kira 2 kali 8 lebih cepat dari yang jenis 8 bit. Namun dalam prakteknya, sering tidak tepat 2 kali lebih cepat karena masih banyak faktor lain yang juga mempengaruhi, antara lain frekuensi kerja komputer. Untuk pusat pemrosesan komputer besar umumnya 32 bit atau lebih.
Tiap-tiap unit pusat pemrosesan walaupun unjuk kerjanya mirip, tetapi pada dasarnya cara kerjanya berbeda satu dengan lainnya. Misalnya prosesor X untuk perintah perkalian kode bahasa mesinnya adalah 10110111, sedang pada prosesor Y kodenya berupa 10001111. Demikian juga untuk unit pusat pemrosesan yang lain kodenya berbeda lagi. Kode perintah kepada unit pusat pemrosesan untuk melakukan suatu perintah disebut sebagai instruksi mikro (micro instruction). Jadi perintah mikro untuk suatu unit pusat pemrosesan berbeda satu dengan yang lain. Hal inilah yang menyebabkan suatu program yang ditulis dalam bahasa mesin dari suatu komputer, misalnya apple, menggunakan unit pusat pemrosesan motorola tipe 6502 tidak dapat diproses oleh komputer yang menggunakan unit pusat pemrosesan yang berbeda, misalnya IBM PC yang menggunakan unit pusat pemrosesan intel 8088. Namun sebaliknya dua komputer dari merk berbeda, tetapi menggunakan unit pusat pemrosesan dari tipe sama akan dapat memproses program bahasa mesin yang sama. Jadi rancangan pembuatan, atau disebut arsitektur unit pusat pemrosesan akan mempengaruhi unjuk kerjanya. Kecepatan kerja unit pusat pemrosesan biasanya diukur dengan satuan : banyak operasi yang dapat dikerjakan setiap detik (OPS=operation per second). Setiap seribu operasi per detik disebut: kilo operasi per detik (KOPS), sedangkan satu juta operasi per detik disebut mega operasi per detik (MOPS). Kecepatan unit pusat pemrosesan yang biasa adalah berkisar antara 100 KOPS sampai 1 MOPS. Sedang unit pusat pemrosesan untuk superkomputer berkecapatan sampai 1000 MOPS.
Untuk perhitungan dan penalaran (ALU= arithmatic and logic unit) biasanya sudah menjadi satu lempengan yang kompak dengan unit pusat pemrosesan, dan biasanya keduanya sekaligus disebut istilah unit pusat pemrosesan.


UNIT KELUARAN
Unit keluaran merupakan unit yang bertugas mengeluarkan hasil-hasil olahan dari pada komputer ke media yang dapat dibaca oleh orang. Unit keluaran ada berbagai jenis antara lain:
a. Layar tampilan=monitor (video display monitor).
Layar tampilan adalah alat keluaran yang sangat praktis, yang dapat menampilkan hasil-hasil olahan komputer dengan cepat dan dapat diatur dengan warna-warni yang menarik. Layar tampilan ada bermacam-macam warna yaitu ada berwarna tunggal (monochrome), baik hijau, kuning, abu-abu maupun berwarna jamak. Layar tampilan banyak yang diproduksi oleh pabrik yang berbeda dengan pabrik pembuat unit pusat pemrosesan (UPP). Keuntungan layar tampilan sebagai unit keluaran adalah bahwa tidak membutuhkan media-media yang hanya sekali pakai, misalnya kertas, sehingga biaya operasinya sangat rendah. Layar tampilan juga dapat menampilkan gambar berbagai macam karakter termasuk tulisan abjad Yunani misalnya alfa (a), beta (b), dapat dipakai menggambar bermacam-macam gambar dan permainan komputer (video games) dan lain-lain. Ukuran layar tampilan biasanya 25 baris kali 80 kolom,meskipun dapat diatur menjadi 25 baris kali 40 kolom.
Jenis-jenis monitor berwarna dipasaran antara lain:
1. Color graphics adaptor (CGA). Pada monitor jenis ini layar dibagi kedalam 640 (kolom) x 200 (baris).
2. Enhached graphics adaptor (EGA). Pada monitor jenis ini layar dibagi kedalam 640 (kolom) x 350 (baris).
3. Video graphics adaptor (VGA). Pada monitor jenis ini layar dibagi kedalam 640 (kolom) x 480 (baris).
4. Enhached VGA. Pada monitor jenis ini layar dibagi kedalam 800 (kolom) x 640 (baris).
5. Super VGA. Pada monitor jenis ini layar dibagi kedalam 1024 (kolom) x 768 (baris).
b. Pencetak (printer)
Setelah layar penampil, maka pencetak merupakan unit keluaran yang paling sering dipakai, karena hasil dari pencetak adalah berupa kertas yang dapat disimpan sebagai arsip hasil. Pencetak ada beberapa macam antara lain:
1. Pencetak matrik titik (dot matrix printer)
Pencetak tipe ini menggambar huruf dengan menggunakan metode kombinasi titik-titik yang berbentuk matrik. Jumlah titik dalam matrik yang biasa dipakai untuk menggambar sebuah huruf bervariasi, dan biasanya menggunakan 7 baris x 5 kolom titik. Keuntungan menggunakan pencetak matrik adalah huruf yang dicetak dapat bermacam-macam, juga dapat dipakai untuk menggambar bermcam-macam bentuk dan photo. Kerugian menggunakan pencetak tipe ini kualitas hurufnya tidak terlalu bagus. Untuk mengatasi hal ini biasanya pencetak tipe ini dilengkapi dengan kemampuan untuk pencetakan dengan kualitas yang mendekati mesin ketik elektrik biasa, dengan konsekuensi kecepatan menulisnya jadi lambat. Pencetak ini ada yang selebar 80 kolom huruf standard ada pula yang 132 kolom. Kecepatannya ada yang 200 karakter per detik (KPD), ada yang 60 KPD.
2. Pencetak roda putar (Daisy wheel printer)
Pencetak ini bekerja dengan menggunakan roda yang dapat berputar pada porosnya. Pada tepi roda terpasang huruf-huruf yang akan bekerja sebagai palu pencetak. Pada proses pencetakan huruf tersebut dicetakkan ke kertas sehingga tampak tulisan di kertas tersebut. Keuntungan pencetak model ini tulisan yang dihasilkan bagus dan tajam, dengan kualitas sama dengan mesin ketik elektrik biasa, karena caranya sama. Kerugiannya variasi hasil cetakan terbatas, dan tergantung dari variasi huruf yang terdapat pada roda putar. Kecepatan cetaknya berkisar 50-300 KPD.
3. Pencetak baris (line printer)
Pencetak ini bekerja dengan menggunakan pita baja yang mempunyai mata cetak . Proses pencetakannya: pita baja berputar cepat dan dipukul oleh palu dari sisi yang berlawanan. Kertas diletakkan diantara pita baja dan palu, sehingga apabila palunya memukul maka pada kertas akan tercetak huruf-hurufnya. Pencetak ini biasanya dipakai pada komputer besar, karena kecepatan kerjanya tinggi, berkisar antara 500-3000 KPD.
4. Pencetak laser (laser printer)
Pencetak ini merupakan penemuan baru ahli komputer. Sistem penulisannya dengan menggunakan sinar laser, sehingga kecepatan kerjanya sangat tinggi sekali, yaitu dapat mencapai 10000 KPD sekaligus dengan kualitas huruf yang sangat bagus. Selain itu pencetak laser dapat pula mencetak berbagai macam jenis gambar dengan kualitas yang bagus. Pencetak ini sangat efektif membantu para penerbit buku, sebab bila pengarang buku dapat menuliskan karangannya pada disket komputer, maka untuk setting percetakannya tidak usah dilakukan dua kali, cukup hasil karangan tersebut dituliskan pada kertas dengan pencetak laser tersebut dan kualitas hurufnya sudah sama dengan pencetakan yang terbaik sekarang.
5. Mesin ketik listrik biasa
Mesin ketik listrik biasa, yang biasanya hanya digunakan untuk mengetik, ada pula yang oleh pabriknya diberi perlengkapan elektronik yang sedemikian, sehingga dapat dihubungkan dengan komputer secara langsung untuk dipakai sebagai pencetak. Hanya biasanya untuk kerjanya lambat, sehingga masih terus dikembangkan untuk memperoleh kecepatan yang lebih tinggi.
c. Penggambar (plotter)
Penggambar merupakan alat pencetak yang menarik, karena hasil yang diberikannya berupa gambar yang garisnya kontinyu dalam beraneka warna. Penggambar dipakai untuk menampilkan grafik, diagram dan lain-lainnya. Bidang ilmu yang bertugas dalam hal perancangan, misalnya teknik arsitektur, teknik sipil dan lain-lain sangat memperoleh bantuan dengan adanya alat ini.
d. Penampilan dengan media suara
Sekarang telah dikembangkan dan ditemukan media keluaran yang menggunakan sistem suara dan gambar, sehingga hasil komputer dapat diperoleh dalam bentuk suara yaitu dengan sistem multimedia. Dengan sistem ini dapat dinikmati gambar-gambar serta suara melalui komputer, misalnya dengan video compact disk (VCD) dapat dinikmati baik gambarnya maupun suaranya.

PERANGKAT KERAS BANTU
Perangkat keras bantu adalah perangkat keras yang dipakai komputer selain kelima komponen pokok yang telah dibahas di depan. Sebenarnya komputer, tanpa perangkat keras bantu sudah dapat bekerja, namun bila perangkat keras bantu ini ada, maka kerja komputer akan jauh lebih efektif.
Perangkat keras bantu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu: (1) perangkat keras penyimpan, dan (2) perangkat keras untuk komunikasi data.
Memori komputer yang terbuat dari semikonduktor, akan dapat bekerja sebagai pengingat selama listrik menyala, namun apabila aliran listrik dipadamkan maka semua data atau program yang disimpan didalamnya akan hilang. Agar supaya data atau program tidak hilang apabila listrik dipadamkan maka perlu disimpan dalam suatu unit penyimpan yang tidak akan rusak atau hilang bila listrik dimatikan. Unit yang dipakai untuk ini biasanya bekerja secara magnetis, dan disebut unit penyimpan megnetis. Meskipun tidak semua perangkat keras penyimpan bekerja secara magnetis, ada juga yang bekerja tidak secara magnetis, misalnya dalam kertas berlobang maupun secara optis. Dengan disimpan dalam unit penyimpan maka meskipun listrik mati, data maupun program yang sudah tersimpan tidak akan hilang, melainkan dapat dibaca lagi pada kesempatan lain dan selanjutnya diolah oleh komputer.
Manfaat perangkat keras bantu dalam kerja komputer antara lain:
a. Sebagai media kerja (work area) untuk komputer
Dalam mengolah data, sebelummencapai hasil akhir sering komputer harus menghitung banyak hal. Hasil-hasil sementara ini sering kali sangat banyak sehingga memori utama tidak sanggup menampungnya. Oleh karena itu diperlukan suatu media yang dapat membantu komputer menyimpan hasil-hasil sementara, sebagai alat pembantu memori utama.
b. Sebagai penyimpan (storage)
Memori hanya dapat menyimpan data selama listrik menyala, karena tenaga listrik itulah yang mempertahankan keberadaan data didalam memori. Namun bila listriknya mati, maka semua data yang ada dalammemori akan hilang. Apabila diperlukan penyimpanan data dalam jangka waktu lama, dan biasanya memang demikian, maka data perlu disimpan sebagai arsip data, sehingga diperlukan media penyimpan yang dapat menyimpan data untuk jangka waktu lama. Salah satu fungsi perangkat keras penyimpan adalah sebagai alat penyimpan data yang dapat menyimpan data untuk waktu yang lama tersebut.
Jenis-jenis perangkat bantu antara lain: (a) cakram magnetis, (b) pita magnetis, dan (c) unit bantu lain.
Sebagai komponen bantu dalam komputer, media magnetis dikendalikan oleh suatu unit pengendali. Unit pengendali media cakram magnetis, disebut unit pengendali cakram (disk drive), sedangkan unit pengendali pita magnetis disebut unit pengendali pita (tape drive).

Cakram magnetis
Cakram magnetis adalah media magnetis yang paling banyak dimanfaatkan sebagai unit perangkat keras bantu. Keunggulan cakrammagnetis dibanding alat bantu magnetis antara lain:
a. Dapat dibaca secara akses langsung (random acces), sehingga proses baca dan tulis yang dilakukan oleh prosesor tidak terhambat. Data nomor berapapun dapat dibaca langsung tanpa harus terlebih daluhu membaca data yang pertama
b. Kapasitas simpan besar, sehingga memadai sebagai media kerja maupun untuk unit penyimpanan.
Kerugiannya dibandingkan dengan pita magnetis adalah:
a. Untuk kapasitas simpan yang sama, cakram magnetis biayanya lebih mahal daripada pita magnetis.
b. Agak sulit untuk dibawa-bawa (kurang portable). Pita magnetis lebih aman dan lebih mudah untuk dibawa-bawa.
Namun demikian cakram magnetis tetap lebih efektif untuk digunakan daripada media bantu magnetis lain, sehingga cakram magnetis terpilih sebagai media kerja yang paling banyak dipakai.
Jenis cakram magnetis antara lain:
1. Cakram lentur (floppy disk = diskette)
Cakram lentur adalah unit penyimpan magnetik yang paling luas dipakai dalam komputer mikro. Cakram lentur dibuat dari suatu bahan sejenis plastik yang disebut mylar, yang permukaannya dilapisi lapisan magnetis. Biasanya cakram disimpan dalam suatu alat pembungkus (jacket) dan disketnya sendiri disimpan dalam alat pembungkus tersebut. Pada pembungkus ada beberapa lubang yang masing-masing mempunyai fungsi. Lubang ditengah gunanya sebagai tempat pemutar cakram (disk drive), sedang lubang pada pembungkus yang memanjang disisi bawah sebagai permukaan yang dibaca oleh kepala rekamnya. Suatu bundaran kecil disisi lubang yang di tengah untuk keperluan sinkronisasi alat pembacanya. Sedangkan sobekan kecil disisi kanan atas disebut sebagai notch. Nocth dapat ditutup alat sejenis plester kecil (biasanya disediakan oleh pabrik pembuat). Apabila notch ditutup dengan plester maka rekaman yang ada didalam cakram tidak dapat ditulisi (yang berarti isinya tidak dapat dihapus), melainkan hanya dapat dibaca. Kondisi ini disebut write protect atau kondisi read only. Bila notch tersebut dibuka, maka cakram dapat ditulisi dan dibaca, yang berarti isinya dapat dihapus. Pada cakram biasanya terdapat label untuk menuliskan keterangan. Label umumnya ada dua macam, yaitu label permanen yang biasanya terletak di pojok kiri atas dan disebelah kanannya dapat diletakkan sebuah label yang tidak permanen, yang dapat ditulisi mengenai sisi cakram. Label tersebut biasanya sudah disediakan oleh pabriknya.
Data dalam cakram lentur direkam dalam jalur-jalur (tracks). Jalur-jalur ini berupa lingkaran konsentris, dan tiap-tiap jalur dibagi dalam sektor-sektor. Pada sektor-sektor itulah data direkam. Banyaknya jalur pada permukaan cakram dan banyaknya sektor pada tiap jalur tergantung kepada tipe komputernya, dimana komputer satu dengan lainnya biasanya berbeda cara menyusun jalur dan sektor. Misalnya IBM-PC biasanya tiap permukaan dibagi didalam 80 jalur dan tiap jalur dibagi dalam 9 sektor. Sistem penyusunan sektor ada dua yaitu: (1) sistem perangkat keras (hardsectored), dimana sistem penyusunan sektor dikerjakan oleh pabrik cakram dan sektor ini tidak dapat diubah-ubah; dan (2) sistem perangkat lunak (soft sectored), yang penyusunannya dikerjakan oleh perangkat lunak. Cakram ini dijual dari pabrik tanpa sektor. Sektor-sektor disusun oleh perangkat lunak dari komputer yang bersangkutan, sehingga cakram jenis ini dapat dipakai oleh komputer jenis apa saja. Bila sudah tidak dipakai oleh suatu komputer, cakram ini masih dapat dipakai oleh komputer lain dengan cara menghapus sistem sektor yang lama dan diganti dengan sistem sektor yang berlaku pada komputer baru.
Sistem sektor dipakai dengan tujuan untuk mempercepat proses pembacaan dan penulisan dari unit pusat pemrosesan mengambil data dari cakram byte demi byte tidak terlalu lama, bahkan dari sektor demi sektor, sehingga pemrosesan dapat lebih cepat. Hal ini dikarenakan proses pembacaan data dari cakram magnetis akan melalui proses mekanis, yaitu gerakan dari unit pengendali cakram magnetis, sedangkan prosesor bekerja dengan kecepatan elektronis. Padahal kecepatan kerja mekanis sangat jauh lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan kerja elektronis. Oleh karena itu untuk mempercepat pembacaan data dari cakram megnetis oleh prosesor, digunakan sistem pembacaan sektor per sektor, dengan tujuan mengurangi gerakan mekanis menjadi sesedikit mungkin. Cakram yang ada di pasaran umumnya jenis softsectored karena lebih luwes untuk dipakai dan karena dipasaran terdapat bermacam-macam merk komputer.
Supaya cakram lentur dapat ditulisi maka komputer harus dilengkapi dengan pengendali cakram (disk drive). Alat inilah yang bertugas untuk melaksanakan perintah unit pusat pemrosesan untuk membaca dan menulisi cakram. Kapasitas penyimpanan suatu cakram lentur tergantung pada kemampuan pengendalinya. Meskipun cakram yang dipakai dari tipe yang sama tetapi bila alat pengendali cakramnya berbeda, maka akan menghasilkan kapasitas cakram yang berbeda pula. Misalnya komputer apple II dengan kapasitas alat pengendali cakram 120 kb, sedangkan IBM PC/XT kapasitas 360 kb. Apabila sebuah cakram dipakai pada komputer apple II kapasistasnya adalah 120 kb, sedangkan bila dipakai pada komputer IBM PC kapasitasnya dapat mencapai 360 kb.
Keuntungan lain dari cakram lentur adalah selain harganya murah, juga dapat dibawa dengan mudah kemana saja. Ukuran cakram lentur bervariasi, yaitu yang bergaris tengah 3.75 inchi, 5,25 inchi dan 8 inchi. Lebih luar permukaan tentu saja lebih banyak kapasitas penyimpanannya. Meskipun perlu diingat sekali bahwa kapasitas penyimpanan suatu cakram adalah tergantung kepada alat pengendalinya (disk drive).
Untuk pengamanan cakram, maka cara penyimpanannya tidak boleh sembarangan. Hal-hal yang perlu diperhatikan :
a. Jangan membiarkan cakram mempunyai temperatur yang terlalu panas, misalnya diletakkan di dalam tas yang tertutup dan kena sinar matahari terlalu banyak. Tentu saja cakram juga jangan sampai tersentuh api, karena dapat terbakar.
b. Cakram tidak boleh kena debu, karena debu yang betapapun halusnya dapat menghambat proses pembacaan cakram oleh alat pengendali. Untuk daerah tropis debu adalah salah satu hambatan yang sering ditemui.
c. Cakram tidak boleh didekatkan magnet maupun alat bermagnet, seperti traffo dan lainnya. Hal ini karena magnet dari alat tersebut dapat menghapus isi cakram yang juga bersifat megnetis.
d. Lubang baca cakram tidak boleh disentuh tangan
e. Cakram jangan dilipat
f. Cakram jangan dibersihkan dengan cairan apapun termasuk air.
2. Cakram tetap (hard disk=fixed disk)
Cakram ini disebut tetap (fixed disk), karena cakram ini tidak bisa diambil dari perngendalinya, disamping tidak lentur sehingga disebut juga dengan istilah cakram kaku (hard disk). Cakram tetap biasanya mempunyai kapasitas simpan yang besar. Awalnya hanya 5 MB, 10 MB bahkan sekarang untuk komputer mikro ada yang sekarang berkapasitas seperti komputer besar yaitu 30 gigabyte (GB=30.000 MB) bahkan lebih, sedangkan komputer besar berkapasitas lebih dari 40 GB. Cakram tetap biasanya dijual oleh pabrik pembuatnya sekaligus bersama-sama dengan pengendalinya, dan memiliki kemampuan baca dan tulis jauh lebih besar daripada cakram lentur. Dengan kelebihannya dibanding cakram lentur ini (kapasitas jauh lebih besar, dan kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi), maka cakram tetap lebih disukai sebagai cakram kerja. Oleh karena tidak dapat dilepas untuk disimpan, maka untuk membuat cadangan berkasnya (back up) dengan cara mengkopi berkas yang ada dalam cakram ke dalam cakram lentur dan cakram lentur ini yang disimpan untuk dipakai sebagai cadangan, meskipun harga cakram tetap cukup mahal, dan tidak jarang harganya menyamai komputernya sendiri.
c. Cakram kaku yang dapat diambil (removable disk)
Cakram ini biasanya dipakai untuk komputer besar, jenisnya kaku dan tidak lentur. Namun berbeda dengan cakram tetap, cakram ini tidak dipasang tetap pada pengendalinya, melainkan dapat diambil seperti pada cakram lentur. Cakram ini biasanya terdiri dari lebih dari satu piringan, kepala baca tulisnya (read/write head) juga banyak. Seperti pada cakram lentur, pada cakram ini juga ada sistem jalur da sektor. Pada tiap-tiap permukaan terdapat jalur dan sektor yang biasanya sistemnya sama. Sistem pemesanan tempat pada cakram jenis ini seringkali dengan menggunakan satuan silinder.

Pita magnetis
Pita magnetis adalah alat penyimpan yang harganya murah dengan kapasitas besar, dengan keuntungan jika dibandingkan cakram magnetis: (a) kapasitas besar dengan harga murah, (b) mudah untuk dibawa-bawa (portable). Kerugiannya tidak dapat dibaca secara akses langsung, sehingga tidak teapt jika dipakai sebagai mediakerja (work area) dan hanya dapat dibaca secara berurutan (sequential). Jadi untuk membaca data yang nomer 10 misalnya komputer harus membaca data ke 1, 2, 3, …… baru akhirnya data yang ke 10. Oleh karena itu maka pita magnetis biasanya dipakai sebagai media cadangan (back up), yaitu untuk menyimpan arsip-arsip yang harus disimpan untuk waktu yang lama atau untuk mengirim data dari suatu tempat ke tempat lain. Bentuk pita magnetis untuk komputer adalah berupa pita kaset, bedanya hanya pada pita komputer, pitanya lebih lebar. Pada beberapa merk komputer mikro, data dan program dapat disimpan dengan pita kaset biasa dan dibaca dengan bantuan perekam kaset (cassete recorder) biasa, tetapi ada juga alat pengendali pita yang khusus. Panjang pitamagnetis komputer bermacam-macamyaitu ada 800 kali (feet), 1200 bahkan ada 2400 kaki tiap gulungan (reel). Lebar biasanya 0.5 inchi. Sitem perekaman pitamagnetis juga menggunakan jalur (track), tetapi jalurnya tidak sama dengan jalur cakram. Jalur pita magnetis memanjang sesuai panjang pita dan banyaknya jalur pita magnetis ditentukan oleh sistem perekaman alat pengendali pita (tape drive).

Unit bantu lainnya
Ada bermacam-macam media bantu yang lain meskipun tidak sepopuler cakram atau pita, antara lain:
a. Drum magnetis. Alat ini mempunyai sifat-sifat yang hampir sama dengan cakram magnetis, yaitu dapat bekerja secara sequential maupun secara direct (random). Hanya bedanya pada bentuknya saja. Alat ini tidak sepopuler cakram magnetis karena tidak praktis.
b. Cakram optis. Sekarang mulai populer media cakram yang bekerja tidak secara magnetis tetapi secara optis. Cakram optis kapasitasnya lebih besar dan kerjanya lebih cepat, namun karena teknologinya relatif baru maka belum banyak yang menggunakan.


MERAKIT KOMPUTER
Perakitan komputer sebenarnya dapat dilakukan secara sederhana sampai kompleks sekali, tergantung dari selera perakitnya. Namun secara sederhana dan garis besar perkaitan komputer dapat dilakukan sebagai berikut

I. Persiapan :
1. Persiapkan tools yang dibutuhkan seperti obeng (+) dan (-)
2. Pastikan komputer dalam keadaan mati (power off)
3. Jauhkan segala magnet dari hardisk.
4. Jauhkan air dan cairan dari komputer dan komponennya.
5. Sangat disarankan menginstall dengan disertai manual dari motherboard.

II. Menginstall Processor : (Jenis Socket) :
1. Lokasikan soket Zif dan buka dengan menarik tangkai soket keatas
2. Masukkan CPU kedalam socket dengan menjaga keadaan tangkai soket ketika memasukkan CPU
3. Ketika memasukkan CPU harus memperhatikan orientasi yang benar ada petunjuk khusus pada pocessor dan socket.
4. Dorong kebawah CPU dan kembalikan tangkai soket ke posisi semula.
5. Letakkan Heatsink diatas CPU dan pasang pengikatnya dengan benar.
6. Rangkaikan kabel fan (kipas) dengan supply.

III. Menginstall Memori
Jumlah slot dari memori tergantung dari slot yang tersedia pada MotherBoard. Cara pemasangan DIMM (SDRAM) :
1. Buka kancing socket
2. Periksa figure cetakan RAM
3. Masukkan modul SDRAM ke DIMM slot
4. Kunci/Tekan kembali kancing

IV. Menginstall AGP Card
1. Cari Lokasi AGP slot
2. Pasang AGP Port dengan hati-hati, tekan tegak lurus dengan bidang motherboard.
3. Pemasangan peralatan lainnya pada slot PCI atau ISA seperti VGA Card, Sound Card dll caranya sama dengan pemasangan AGP card. Perbedaan hanya jenis Slot yang akan dipasang.
V. Menginstall HardDisk :
1. Cari Port IDE pada MotherBoard
2. Pasang ujung kabel pada IDE connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada IDE connector.
3. Pasang ujung lainnya pada HardDisk
4. Pasang kabel supply HardDisk (perhatikan bentuk pasangan socket power supply)


VI. Menginstall Disk Drive :
1. Cari Port FDD pada MotherBoard
2. Pasang ujung kabel pada FDD connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada FDD connector.
3. Pasang ujung lainnya pada DiskDrive
4. Pasang kabel supply Disk Drive (perhatikan bentuk pasangan socket power supply)

VII. Menginstall Connector untuk Panel pada Chasing
1. Pasang dengan teliti dan connector untuk panel depan Chasing.
2. Posisi pin/kaki connector tergantung MotherBoard (lihat pada manual MB atau perhatikan data yang tertulis disekitar MotherBoard)

VIII. Menginstall Power Suplly untuk MotherBoard
Pasangkan kabel powersupply yang berwarna warni dari casing ke connector owersupply yang tersedia pada MotherBoard, dengan cara menekanconnector.

IX. Memasang Chasis panel Connector
Hubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti KeyBoard, Mouse, Monitor, dll

X. Aktifkan Komputer
Sebelum mengaktifkan komputer pasang terlebih dahulu supply untuk casing (220V) demikian juga untuk monitor.

XI. Setting BIOS
Mensetting hal-hal yang diperlukam untuk mengoptimalkan peralatan yang terpasang pada Motherboard. Software BIOS tergantung pada pabrik pembuat MotherBoard.

Tidak ada komentar: