Sabtu, 20 September 2008

Dasar Komputer II

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Di awal penemuan komputer (sekitar tahun 1945), perhatian para ahli masih tertuju pada perangkat keras komputer. Pada masa itu, peranan perangkat lunak bukannya tidak ada, tetapi masih tertutup ketakjubannya orang akan hadirnya perangkat keras komputer disamping peran yang dipikulnya masih sangat kecil.
Sejalan dengan perkembangan jaman, maka para ahli semakin menyadari bahwa betapa pentingnya peranan perangkat lunak ini. Penyadaran para ahli tersebut sampai pada suatu kesimpulan bahwa pengembangan komputerisasi justru lebih terletak pada perangkat lunak daripada perangkat kerasnya. Hal ini disebabkan karena perkembangan perangkat keras sampai sekarang sudah mencapai taraf yang cukup mantap bagi aplikasi komputer untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Di bidang perangkat lunak, dengan semakin berkembangnya aplikasi komputer di segala bidang kehidupan, justru kebutuhan masyrakat semakin besar dan pengembangan aplikasi perangkat lunak masih terus diperlukan masyrakat. Hal ini disebabkan karena sangat bervariasinya kebutuhan masyarakat dari satu daerah dengan daerah lain, maupun dari satu pekerjaan dengan pekerjaan lain. Misalnya dua buah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor bangunan, kemungkinan sistem administrasi kedua perusahaan tersebut akan sangat berbeda, sehingga kebutuhan akan perangkat lunak untuk keperluan komputerisasi sistem adiministrasi kedua perusahaan tersebut sudah berbeda juga.
Perintah yang diberikan pada komputer di awal ditemukannya komputer masih harus ditulis di dalam bahasa mesin yang wujudnya bentuk digit biner, misalnya:
01001101011010100
Perintah-perintah tersebut dalam dunia komputer disebut program. Dengan program merupakan urutan perintah yang sistematis yang dimengerti oleh komputer sehingga menghasilkan suatu hasil seperti yang dikehendaki. Suatu perintah yang tidak menghasilkan apa-apa tidak dapat disebut program. Program inilah yang mengendalikan perangkat keras didalam mengolah data untuk memperoleh hasil.
Dengan semakin banyaknya masalah-masalah yang harus dipecahkan dengan komputer maka dirasakan bahwa menulis program dalam bahasa mesin (dengan kode biner) adalah suatu pekerjaan yang sangat sulit dan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu para ahli berusaha menemukan cara penyusunan program yang lebih mudah dan lebih cepat. Jerih payah itu ternyata tidak sia-sia, karena sekitar tahun 1950 ditemukan cara mengatasi tersebut, dengan mengembangkan suatu teknik perterjemahan (interpreter). Bahasa komputer yang dikembangkan oleh IBM, ditulis seperti jika menggunakan bahasa sehari-hari dan dinamakan formula translatation (FORTRAN= kaidah penterjemahan). Komputer (CPU) tetap hanya mengerti bahasa mesin dalam kode biner. CPU dapat mengerti bahasa awan dengan adanya COMPILER. Compiler adalah suatu perangkat lunak yang dibuat oleh para ahli untuk menterjemahkan tulisan awam bisa ke dalam bahasa biner. Dengan bantuan compiler, orang hanya cukup menulis program dalam bahasa awam, sedangkan compiler yang akan menterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Pada fase penterjemahan, program dalam bahasa awam dibaca oleh komputer, lalu program penterjemah (compiler) menerima dan menerjemahkan ke program dalam bahasa mesin. Lalu program dalam bahsa mesin diproses oleh program LINKER dan prosesnya disebut proses penyambungan (linking). Selanjutnya fase ini dilanjutkan dengan fase penggarapan (execution). Pada fase penggarapan, program dalam bahasa mesin dibaca lagi oleh komputer untuk dilaksanakan perintah-perintahnya dan baru pada fase inilah data dibaca dan diproses untuk memperoleh hasil yang diharapkan. Semua fase ini dijalankan secara otomatis oleh komputerdengan bantuan program yang disebut operating system.
Dengan adanya teknik penggunaan penterjemah ini, maka orang awan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dimungkinkan untuk memanfaatkan jasa dan kemampuan komputer dengan mudah.

OPERATING SYSTEM (OS)
Sistem operasi terdiri dari kumpulan program-program sistem yang terorganisir, yang dibuat untuk membantu penggunan komputer supaya mudah dan efisien. Sistem operasi berupa suatu organisasi perangkat lunak yang disusun dengan tujuan agar dapat mengendalikan seluruh kerja unit peralatan komputer secara otomatis sehingga efektivitas dan efisiensi dapat tercapai. Sistem operasi terdiri dari dua kelompok program yaitu: (a) kelompok program kontrol dan (b) kelompok program pelayanan. Dalam dunia komputer, banyak perusahaan yang menjadi pabrik dari perangkat lunak sistem operasi, antara lain digital research: CP/M; microsoft: MS-DOS, Bell labaratories: UNIX dan lain-lainnya. Sistem yang terkenal antara lain MS-DOS buatan Microsoft dengan variasinya PC-DOS dan UNIX buatan Bell labaratories dengan variasinya XENIX dan ULTRIX. Sistem operasi Apple, hanya dapat dipakai pada komputer Apple, sedangkan CP/M, MS-DOS, Windows dan UNIX dapat diterapkan pada beberapa merk komputer. Sistem operasi terbaru yang diluncurkan sejak tahun 1985 oleh Microsoft adalah Windows yang terdiri dari windows 386, windows 3.1, 95, 98, 2000 dan WINDOWS XP ( tahun 2001) yang produksinya sangat terkenal dan mampu menggeser penggunakan operasi sistem lainnya.
Sistem operasi terdiri dari control program dan OS service. Control program disebut juga dengan resident program atau resident routine umumnya sebagian disimpan di main memory tepatnya di ROM dan sebagian control program lainnya disimpan di disk yang disebut transient program atau transient routine. Control system yang disimpan di disk disebut disk operating system (DOS) karena tempatnya di disk, sedangkan yang disimpan di tape disebut dengan TOS (tape operating system). Misalnya sistem operasi IBM-PC-DOS (IBM Personal computer disk operating system) yang digunakan pada komputer IBM PC, control program terletak di ROM disebut ROM BIOS (basic input output system) dan yang tersimpan di disket terdiri dari dua file yaitu dengan nama file IBMBIO.COM dan IBMDOS.COM. ROM BIOS dan IBMBIO.Com berfungsi mengatur dan mengkoordinasikan alat-alat I/O dasar seperti keyboard, printer, alat-alat komunikasi dan alat-alat I/O lainnya, sedangkan IBMDOS.COM berfungsi untuk mengatur dan mengordinasikan disk.
MS-DOS (Microsoft-disk operating system) adalah sistem operasi disk produksi pabrik perangkat lunak Microsoft di Seattle, Washington, yang merupakan microsoft terkenal dengan pelopor pabrik perangkat lunak untuk komputer mikro. MS-DOS dianggap sebagai standard dari sistem operasi pada komputer mikro 16 bit. Sebelum MS-DOS untuk komputer mikro 8 bit, CP/M yang dianggap sebagai standardnya, karena hampir semua komputer mikro pada waktu yang menggunakan prosesor intel 8080, memilih CP/M yang sukses luar biasa, sebagai sistem operasinya, sampai IBM mengeluarkan IBM-PC yang menggunakan microprcessor intel 8088 dengan sistem operasi IBM PC-DOS. PC-DOS selalu memperbaiki dan ditingkatkan mulai versi 1.x, 2.x sampai 3.x. Sekarang sistem operasi MS-DOS sudah jarang digunakan. Sistem operasi yang banyak digunakan untuk komputer mikro adalah sistem operasi WINDOWS.
Cara menjalankan DOS adalah sebagai berikut: setelah komputer dihidupkan, sebelum dilakukan proses booting, yaitu pengambilan DOS yang ada di disk untuk diletakkan di main memmory, maka akan dilakukan proses pengecekan parity dari main memmory untuk meyakinkan bahwa tidak ada main memmory yang rusak. Selanjutnya muncul pertanyaan tanggal (Current date) dan jam (Current time) dan setelah diisi atau jika tidak ingin mengisi langsung tekan tombol enter, sehingga muncul tulisan di layar:
The IBM Personal Computer Dos
Version 3.2 © …………….
© ……………..
A>
Bentuk A>, disebut dengan prompt, yang menunjukkan dalam keadaan sistem PC-DOS atau MS-DOS dengan drive yang aktif (default) adalah drive a. Pada kondisi ini dapat menggunakan perintah sesuai yang disediakan oleh DOS atau memanggil language sofware atau menjalan executable program. Perintah dapat dikategorikan menjadi internal command seperti DEL, COPY, EXIT, DIR, VOL dan lain-lainnya, dan external command yang tergantung dari isi disket yang digunakan karena perintah ini disimpan di file tersebut, misalnya: DISKCOPY, FIND, FORMAT, BACKUP dan sebagainya.

WINDOWS
Sistem Operasi Windows versi pertama dipasarkan oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1985, seiring dikenalkannya komputer PC/386, dengan windows 386. Tahun 1990 popularitas windows sangat meningkat dengan dikenalkannya Windows 3.0, kemudian tahun 1991 diluncurkan Windows versi 3.1 untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan di versi sebelumnya. Windows 3.1 merupakan windows paling terkenal dan tersebar luas di masyarakat, sebelum muncul Windows 95 tahun 1995, yang mempunyai beberapa kelebihan dari Windows versi 3.1. Selanjutnya diperbaiki menjadi Windows 98, 2000 dan terakhir (2001) diperkenalkan dan dikembangkan menjadi Windows XP.
Kelebihan Windows dibandingkan DOS adalah kemudahannya untuk digunakan (user friendly) karena menggunakan konsep graphical user interface (GUI). Konsep GUI menggunakan interface windows, icons, menus and pointing (WIMP devices), yaitu menggunakan sistem windows dengan pointing device (misalnya mouse) untuk menentukan pilihan. Kelebihan lainnya adalan kemampuannyamelakukan multiasking, yaitu dapat mengerjakan beberapa program serentak dalam bentuk beberapa windows. Pemakai komputer dapat berpindah dan dapat mentranfers informasi diantara aplikasi atau satu dari windows ke windows lainnya.
Cara menjalankan windows sudah tidak menggunkan platforms DOS, artinya windows tidak perlu dipanggil dari prompt DOS, namun secara otomatis diambil pada saat komputer melakukan proses booting, dan langsung muncul tampilan Windows. Gambar latar belakang tampilan (wall-paper) windows merupakan tampilan yang dipilih sendiri oleh pemakai. Juga muncul sejumlah icon yang bervariasi, dan pemakai dapat menambah sendiri icon ini. Contoh icon Telkomnet untukmemudahkan hbungan ke internet lewat penyedia jasa Telkomnet-instant. Jika pemakai akan menggunakan internet, maka jalan pintas (short-cut) yang dapat dilakukan, hanya dengan mengarahkan cursor mouse ke incon Telkomnet dengan menekan tombol kiri mouse dua kali (double clicks). Dengan demikian icon yang ada akan memudahkan pemakai untuk menggunakan aplikasi tertentu.
Program aplikasi dapat dipilih lewat icon yang tersedia seperti contoh aplikasi internet dengan memilih icon Telkomnet. Contoh lain misalnya pemakai ingin menggunakan program aplikasi pengolah kata Microsoft word, maka pemakai tinggal mengarahkan kursornya kearah sana dan memilihnya. Cara lain untuk memilih aplikasi selain lewat icon, dapat juga dipilih lewat menu, dengan membuka Menu Utama (main menu) dan mengarahkan kursor ke tombol START, yang berada di kiri bawah layar monitor. Selanjutnya tekan kiri mouse sekali sehingga menu utama akan muncul dan mulai memilih pilihan programs, dengan mengarahkan kursor ke pilihan programs atau dengan menekan tombol yang digaris bawahi, yaitu huruf P, dimenu utama dan menu berikutnya yang berisi macam-macam program aplikasi akan dimunculkan, dan selanjutnya dengan menggerakkan kursor untuk memilih program aplikasi yang tresedia, misalnya Microsoft Word, maka kursor diarahkan ke pilihan ini dan tekan tombol kiri mouse sekali, Microsoft Word yang dipanggil akan siap digunakan. Dalam windows menyediakan sistem antara lain memformat dan menyalin disket, melihat dan menyalin file lewat Windows explorer dan aneka pilihan lainnya. Untuk mengakhiri penggunaan windows dapat dilakukan dengan memilih Shut down di menu utama. Komputer tidak boleh dimatikan sebelum komputer mengintruksikan, karena selama proses shut down ini, Windows akan menutup semua file dan alat yang digunakan terlebih dahulu. Komputer dimatikan setelah ada perintah: It’s now safe to turn off your computer, bila perintah ini belum muncul dan komputer dimatikan akan memungkinkan terjadinya kerusakan pada program-program yang tersedia.

PAKET PERANGKAT LUNAK
Dengan semakin luasnya komputer dipakai oleh segala macam lapisan ataupun profesi masyarakat, timbul berbagai macam kebutuhan akan perangkat lunak yang dapat memenuhi kebutuhan masyrakat. Untuk memenuhi permintaan kebutuhan masyarakat inilah dibuat program-program yang siap pakai yang dikenal sebagai Paket program, karena tidak semua masyarakat dapat membuat perangkat lunak yang rumit dan berskala besar. Paket program bisanya dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang memang memproduksi perangkat lunak antara lain: Microsoft corporation, Digital research, Micro-Pro, Ashton-Tate, Lotus dan Sorcim dan lain-lain. Secara garis besar paket-paket program yang ada di masyarakat dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok yaitu:
a. Paket program aplikasi administrasi
b. Paket program aplikasi komputasi
c. Paket program lainnya

PAKET PROGRAM APLIKASI ADMINISTRASI
Secara fungsional paket tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok aplikasi administrasi yaitu:
A. Paket pengolah kata (Word processing)
Paket pengolah kata merupakan paket yang dirancang untuk memudahkan di dalam menggunakan komputer sebagai alat pengolah kata.Paket perangkat lunak yang memungkinkan komputer dapat melakukan pengolahan kata disebut paket Pengolah kata, sehingga memungkin komputer sebagai mesin ketik istimewa, yang sangat menakjubkan.
Keistimewaan yang dapat diberikan komputer sungguh sangat banyak antara lain:
1. Kemudahan yang sangat banyak dalam mengedit atau menyunting naskah, dalam mencari pengganti kata.
2. Variasi yang sangat luas di dalam jenis huruf pencetakan.
3. Bila lelah menulis dapat disimpan untuk dilanjutkan esok harinya
4. Dapat memeriksa surat dengan kamus yang tersedia
5. Memiliki kemampuan untu menyusun indeks kata
6. Manfaat lain yang masih banyak
Contoh paket pengolah kata adalah Word Star, Microsoft-word, Easy writer, perfect writer, dan paket lain seperti Word-perfect, Superscript, dan manuscript.

Word star
Word Star merupakan nama paket pengolah kata buatan Micro-Pro yang berkantor di California USA. Paket ini adalah salah satu paket pengolah kata yang paling populer sebelum tahun 1990. Word star bekerja dengan sistem menu, sehingga perintah-perintah dapat diberikan hanya dengan menekan sebuah tombol saja. Paket ini sebenarnya terus disempurnakan pembuatnya, mulai wordstar 2000, Wordstar professional versi 4.0 sampai 7.0 dan wordstar for windows. Namun dengan kemajuan jaman ternyata paket yang sangat populer di tahun 1980 ini, sejak awal tahun 1990 tergeser dengan munculnya paket Microsoft Office (Microsoft word).
Microsoft word dibuat oleh perusahaan Microsoft bersamaan dengan munculnya program operasi Windows menggantikan DOS. Program perangkat lunak ini mampu menggeser kejayaan perangkat lunak Word Star yang sangat populer antara tahun 1980-1990. Hingga sekarang perangkat lunak pengolah kata Mocrosoft word selalu mengalami perkembangan dan perbaikan mulai versi 2.00, 6.00 sampai sekarang muncul Microsoft Word XP dan Microsoft Word 2003 yang tentu saja memiliki kelebihan-kelebihan

B. Paket lembar kerja elektronik (electronic spreadsheet)
Paket lembar kerja elektronik merupakan suatu program komputer yang membuat layar komputer dapat dipakai sebagai lembaran kerja yang berbentuk baris-baris dan kolom-kolom, sehingga membentuk suatu matriks sel. Tiap sel mempunyai alamat yang terdiri dari alamat baris dan alamat kolom, mirip sistem koordinat X-Y biasa, dimana sumbu tegak adalah nomro baris dan sumbu mendatar adalah nomor kolom. Setiap sel dapat diisi dengan bilangan, tulisan maupun rumus-rumus. Dengan lembar kerja elektronik dapat disusun berbagai macam tabel, seperti tabel keuangan, tabel keluar masuk barang dan lain sebagainya. Kemampuan-kemampuan standard bagi paket electronic spreadsheet adalah:
1. Pengelolaan sel yang luwes
2. Kapasitas cacah sel luas
3. Kemampuan untuk menggabungkan beberapa tabel menjadi sebuah tabel
4. Kemampuan rekalkulasi (penghitungan ulang) yang amat mudah
5. Layar terbagi (split screen)
6. Dapat membuat berbagai macam grafik
7. Sel dapat diisi rumus
8. Memiliki kemampuan untuk mencari data yang ada didalam tabel
9. Kemampuan untuk diprogram dengan perintah-perintah makro
10. Kemampuan dapat dipakai sebagai alat financial modelling
Contoh paket program lembar kerja elektronik antara lain: Lotus 123, Microsoft Excel, Visicalc, Supercalc, Multiplan, dan paket lain seperti Logiccalc, Perfectcalc, microplan dan lain sebagainya.
Lotus 1-2-3
Lotus 123 pada tahun delapan puluhan merupakan salah satu paket elektronik spreadsheet yang paling terkenal dan dipakai sangat luas dibandingkan paket elektronik spreadsheet yang lain. Hal ini disebabkan memiliki kemampuan yang sangat banyak untuk menangani: lembar kerja elektronik, pengelolaan data, untuk menggambar grafik. Nama 1-2-3 menunjukkan tiga kemampuannya tersebut. Paket lotus 1-2-3 terus diperbaiki dan disempurnakan oleh pembuatnya perusahaan Lotus di Amerika Serikat. Dengan kesuksesan lotus 123 ini pabrik Lotus membuat paket program baru antara lain Symphony yang juga merupakan paket Lembar Kerja Elektronik. Paket Lotus juga dapat berkomunikasi langsung dengan paket lain yang populer, misalnya dBase III, dimana data yang ditulis dalam dBase III dapat langsung di transfer ke Lotus dengan cepat. Kemampuan Lotus untuk menggarap sel sangat besar, mecapai sebanyak 8000 baris x 256 kolom atau sebanyak kira-kira 2 juta sel. Kepopuleran Lotus 123 di tahun delapan puluhan ternyata semakin redup dengan munculnya program perangkat lunak yang lain yaitu Microsoft Excel.
Microsoft Excel hadir bersamaan dengan diluncurkan program paket Microsoft Office, ternyata mampu menggeser program perangkat lunak lembar kerja elektronik sebelumnya. Hingga sekarang perangkat lunak lembar kerja elektronik Mocrosoft Excel selalu mengalami perkembangan dan perbaikan mulai versi 2.00, 4.00 sampai sekarang muncul Microsoft Excel XP dan Microsoft Excel 2003 yang tentu saja memiliki kelebihan-kelebihan.

C. Paket manajemen basis data (database management system)
Pada awal mula aplikasi komputer berkembang di bidang administrasi penggunaan komputer masih terbatas pada pengolahan data misalnya tentang rekening listrik, daftar gaji dan lain sebagainya, yang sifat datanya masih sederhana strukturnya, yaitu deretan data dengan bentuk sama.
Dengan semakin berkembangnya aplikasi komputer di bidang administrasi maka struktur data yang diolah semakin rumit, misalnya data tentang kemahasiswaan di suatu sekolah nama mahasiswa diperlukan didalam banyak hal antara lain: pengolahan SPP, daftar peserta ujian, daftar kelompok mahasiswa pada seorang pembimbing, daftar pengambil mata kuliah tertentu dan sebagainya. Kondisi mengakibatkan struktur data yang ada menjadi sangat rumit dan lebih berat lagi oleh karena data yang diolah menjadi semakin banyak. Untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul karena keadaan ini dikembangkan suatu teknik pengolahan data yang lebih canggih lagi dan teknik ini dikenal dengan istilah Basis Data (Data base).
Pengembangan teknik pengelolaan data hingga sekarang telalu mengalami kemajuan yang luar biasa, sehingga cara pemakaianpun sudah sangat dipermudah dan kemampuannya semakin canggih, sehingga banyak digunakan di bidang administrasi, misalnya kepegawaian, perbekalan, penggajian dan lain-lain.
Paket basis data dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
a. Paket basis data untuk komputer mikro. Paket ini berkemampuan:
- Dapat bekerja menggunakan cakram keras (harddisk) dan dapat bekerja secara pengguna ganda (multiuser)
- Kapasitas penyimpanan cukup besar
- Dapat membuat laporan dengan baik dan mudah dari data yang tersimpan didalamnya.
- Memiliki kemampuan mencari dan memanggil data
- Dapat berkomunikasi dengan paket program lain
- Serta banyak kelebihan lainnya
Jenis paket basis data yang dapat diperoleh pada komputer mikro antara lain: dBase, Microstf Acess, Rbase 5000k, PFS-file, Foxbase, PERPECT FILER, INFOSTAR dan lain-lain.
dBase
Program perangkat lunak basis data dBase merupakan salat satu paket basis data yang paling terkenal dan paling luas dipakai pada komputer mikro. Paket ini dibuat oleh Perusahaan Ashton Tate dari Amerika. Pada versi awal muncul dBase II, yang populer unuk komputer Apple II. Lalu dikembangkan supaya dapat dipakai pada komputer generasi IBM PC dengan nama dBase III yang sangat populer dan banyak dipakai berbagai kalangan masyarakat. Dilanjutkan munsul versi dBase III plus, dBase IV serta dBase for windows. Paket dBase mudah digunakan dan kemampuannya sangat banyak, dapat langsung dipakai dengan perintah-perintah yang sederhana, juga dapat diprogram sehingga berkemampuan mirip bahasa komputer seperti misalnya COBOL, tetapi dengan cara yang lebih mudah dan kemampuannya lebih banyak.
Meskipun sampai sekarang penggunaan paket basis data dBase masih banyak yang memakai, namun sejak pertengahan tahun sembilan puluhan mudah mulai berkurang. Hal ini disebabkan munculnya paket program basis data baru yang ternyata memiliki kelebihan lain yaitu paket program Microsoft Acess, yang dikeluarkan bersama-sama dengan paket Microsoft office dan semakin berkembangnya program sistem operasi Windows.
Microsoft Acess hadir bersamaan dengan diluncurkan program paket Microsoft Office, ternyata mampu menggeser program perangkat lunak basis data sebelumnya. Hingga sekarang perangkat lunak basis data Mocrosoft Acess selalu mengalami perkembangan dan perbaikan dan sampai sekarang muncul Microsoft Acess XP yang tentu saja memiliki kelebihan dan kemudahan.

b. Paket basis data untuk komputer mini keatas antara lain: IMS (information management system), TOTAL, IDS, SQL, dan lain-lain.

PAKET PROGRAM APLIKASI KOMPUTASI
Paket program aplikasi komputasi sangat banyak mcamnya, disesuaikan dengan aplikasinya. Paket tersebut antara lain:

a. Paket untuk statistik
Jenis perhitungan yang dapat dikerjakan paket Statistik antara lain: analisis statistik deskriptif, frekeunsi dan tabulasi silang, korelasai dan regresi, analisis faktor, analisis cluster, analisis diskriminan, analisis of varians (ANOVA), Multi analysis of Varians (MANOVA), analisis data non parametrik danlain-lain.
Paket program untuk Statistik yang terkenal antara lain SPSS (Statistic package for the Sosial Sacience), SAS/SYSTAT, Microstat, Statpro, Statpack, Mini Tab, dBasestat dan lain-lain.
b. Paket untuk matematika
Paket ini antara lain: MPSX, SSP, dan lain-lain
c. Paket untuk teknik Sipil
Untuk teknik Sipil sudah juga dikembangkan berbagai macam pekat antara lain: SAP (structural analysis package), STRUDEL dan lain-lain.

PAKET APLIKASI LAIN.
Paket ini antara lain Paket bantuan merancang (Computer aid design=CAD), paket bantuan mengajar (Computer aided instruction=CAI), paket perencanaan proyek (Network planning) dan lain-lainnya.


PENGENALAN PROGRAM MICROSOFT OFFICE XP
Microsoft XP merupakan produk produk terbaru dari Microsoft Corporation yang diluncurkan pada awal tahun 2001. Produk ini merupakan pengembangan dari Micrsoft Office 2000.
Seperti halnya produk-produk keluaran Microsoft Corporation lainnya, setiap pengembangan produk mempunyai kemampuan yang lebih dalah hal fasilitas, feature dan kemampuan. Begitu juga dengan Microsoft Office XP yang mempunyai kemampuan lebih dari Mricrosoft Office 2000. Kemampuan itu antara lain:
1. Perintah yang sering digunakan dalam Microsoft Office XP sekarang terorganisir dalam satu jendela yang bisa ditampilkan dengan dokumen Office. Dengan Task Pane, user dapat tetap bekerja dengan domuken sambil mengerjakan tugas lainnya, seperti melakukan pencarian file dengan menggunakan Task Pane Search, kemudian memilih item dari galeri dan mem-paste-nya ke dalam Task Pace Office Clipboard.
2. Microsoft Office XP mempunyai tampilan interface lebih jelas dan simpel dengan warna yang ditampilkan lebih lembut.
3. Microsoft Office XP menyediakan kotak Ask a question pada menu bar. Dengan pengetikan pertanyaan tentang program Office pada kotak tersebut, daftar pilihan topic help yang berkaitan dengan pertanyaan yang diketikkan akan muncul.
4. Tombol smart tags memudahkan pengaturan format paste dan perubahan otomatis yang akan dilakukan pada program Pffice. Sebagai contoh pada saat mem-paste teks dari Microsoft Word XP ke dalam Microsoft Power Point XP, tombol akan muncul disebelah teks. Dengan meng klik tombol tersebut, maka akan muncul daftar pilihan untuk memilih format dalam mam-paste teks.
5. Tampilan Task Pane Clip Organizer memudahkan pengorganisasian penyisipan grafik ke dalam dokumen. Selain itu ratusan klip baru dimasukkan ke dalam clip gallery.
6. Microsoft Word, Excel dan PowerPOint mempunyai konsep galeri diagram baru. Dengan Fasilitas Diangam gallery, pembuatan diagram dapat dilakukan dengan memilih tipe diagram pada kotak dialog Diagram Gallery.
7. Tulisan tangan dapat dimasukkan ke dalam dokumen Office dengan menggunakan fasilitas Handwriting Recognition. Penulisan dapat dilakukan dengan menggunakan input device seperti graphics tablet atau tablet PC, atau juga dapat dilakukan dengan menggunakan mouse. Hasil tulisan tangan akan dikonversi menjadi karakter yang diketik.
8. Microsoft Office XP melengkapi penggunaan mouse dan keyboard dengan voice commands dan dictation. Dengan menggunakan voice command menu, toolbar dan item pada kotak dialog dapat dipilih dengan hanya mengucapkan (dengan menggunakan suara). Selain itu, dapat juga mendiktekan tekas. Feature ini tersedia pada bahasa China, Inggris, dan Jepang. Untuk mengaktifkan feature ini diperlukan hardware khusus.
9. Microsoft Office XP (Word, Excel, PowerPoint, FrontPage, dan Publisher) menggunakan sistem grafik GDI+. Dengan grafik ini, shape dan Word Art mempunyai outline (batas) yang lebih halus (smooth) dan level transparansi yang bisa diatur. Sistem grafik GDI+ mampu membuat grafik digital tampil lebih tajam dan jernih, meskipun ukurannya diatur ulang (resize).
10. Pada program Office XP, printer dapat ditemukan melalui jaringan dengan menggunakan kotak dialog Print, dengan catatan apabila menggunakan Microsoft Windows 2000 dan Active Directory sebagai directory service nya..
11. Tanda tangan digital (digital signature) dapat dimasukkan ke dalam file-file Microsoft Word, Excel dan PowerPoint untuk konfirmasi bahwa file yang bersangkutan belum dibuka.
12. Microsoft Office Xpmemungkinkan penyimpanan dokumen ke web site di dalam MSN. Fasilitas ini memungkinkan user melakukan sharing files dengan user lainnya secara praktis dan efisien.
13. Program-program Office mengenali format halaman HTML yang sudah diluncurkan, sehingga dokumen office yang disimpan dalam format Web Page dapat diedit secara langsung dari Microsoft Internet Explorer.
14. Apabila saat mengerjakan dokumen terjadi error atau program tidak merespons perintah yang diberikan (hang), dokumen tersebut tidak akan hilang karena akan tersimpan secara otomatis (recover). Dokumen tersebut akan ditampilkan pada Task Pane Document recovery pada saat program dibuka.
15. Program Microsoft Office XP mampu mendeteksi dan mengisolasi permasalahan pada saat dibuka (star up). Permasalah tersebut dapat ditingggalkan dan tetap menjalankan program dengan posisi safe mode.
Perangkat lunak Microsoft Office XP merupakan paket berbagai macam aplikasi perangkat lunak yaitu Microsoft Word XP, Microsoft Excel XP, Microsoft Powerpoint XP, Microsoft Acces XP, Microsoft FrontPage XP, Microsoft Outlook XP, Microsoft Publisher XP, Microsoft Photodraw XP, serta berbagai software tambahan lainnya. Dari kesemua aplikasi tersebut yang paling banyak dan terkenal digunakan khususnya dalam aplikasi administrasi mulai diluncurkan hingga sekarang adalah Microsoft Word XP, Microsoft Excel XP, Microsoft Acces XP dan Microsoft Powerpoint XP.

A. MICROSOFT WORD XP
Microsoft Word XP merupakan salah satu produk terbaru dari Microsoft Office XP yang berupa aplikasi pengolah kata. Dari perkembangannya fungsi aplikasi ini menjadi bertambah, yaitu dari yang semula merupakan program pengolah kata, sekarang bertambah menjadi program yang dapat digunakan untuk membuat dokumen-dokumen desktop publishing (cover, formulir, kartu ucapan dan lain sebagainya).
Microsoft Word XP juga berperan di dalam dunia intenet, yaitu dengan bertambahnya kemampuan Microsoft Word untuk membuat halaman web sehingga dokumen tersebut dapat diakses melalui internet.
Fungsi utama program aplikasi Microsoft Word adalah untuk membuat dokumen pengetikan seperti surat, laporan dan dokumen lain yang berhubungan dengan kegiatan pengetikan dokumen serta menambah variasi dokumen seperti menyisipkan grafik ke dalam dokumen tersebut.
Sejarah Microsoft Word dimulai dengan versi 2.0 yang digunakan pada sistem operasi Window maupun DOS. Dari versi 2.0 Microsoft Word melejit menjadi versi 6.0. Pada versi ini terdapat perubahan yang sangat menyolok dengan adanya penambahan kemampuan dan fasilitas yang sangat berarti untukmemperbaiki kekurangan dari versi sebelumnya. Dengan kelebihan tersebut Microsoft Word versi 6.0 menjadi sangat terkenal dan dipakai cukup lama di masyarakat, meskipun ada perkembangan baru dengan munculnya Microsoft Word 7.0 yang dikeluarkan pada bulan September 1995 bersamaan dengan diluncurkannya operasi Windows 95. Program aplikasi Microsoft word 7.0 diluncurkan dan tergabung dalam satu paket Microsoft Office 97 for Windows 95. Kelebihan Microsoft Word 7.0 adalah kemampuannya membuat dokumen yang dapat di-review (periksa ulang) oleh beberapa user pada jaringan workgoup.
Pada bulan Juni 1999, perusahaan Microsoft mengeluarkan kembali produk software baru yaitu untuk aplikasi perkantoran terbaru, yang dikenal dengan Microsoft Office 2000. Microsoft Word masih termasuk dalam program aplikasi perkantoran tersebut dan diperbaharui menjadi Microsoft Word 2000. Pada saat sekarang, web sudah menjadi alat yang terkenal untukmengembangkan komunikasi dan kolaborasi sehingga banyak organisasi yang mencari software yang mampu memudahkan pembuatan dokumen web seperti membuat dokumen cetak biasa. Oleh karena itu, Microsoft Word 2000 di desain dengan meningkatkan fungsionalitas yang berhubungan dengan web, seperti konversi ke format HTML secara penuh, penyimpanan dokumen ke server web secara langsung dan fasilitas pembuatan halaman web.
Pada awal tahun 2001 perusahaan Microsoft kembali meluncurkan produk software untuk aplikasi perkantoran yang merupakan pengembangan dari produk sebelumnya. Produk tersebut diberi nama Microsoft Office XP. Pengembangan tersebut juga diterapkan psds program-program aplikasi yang tergabung di dalamnya. Pada versi sebelumnya Microsoft Word yang mempunyai fasilitas yang mendukung web, fasilitas tersebut lebih ditingkatkan pada versi terbaru (Microsoft Word XP) sehingga menjadi lebih memudahkan user dalam membuat dokumen yang dapat mendukung web.
Beberapa hal baru dalam Microsoft Word XP antara lain:
1. Microsoft Word XP memberikan cara baru yang lebih mudah dalam memformat dokumen. Task Pane Styles dan Formatting mempunyai fasilitas untuk membuat, menampilkan, memilih, menerapkan maupun menghapus format pada teks. Task pane Reveal Formatting juga dapat digunakan untuk menampilkan atribut-atribut format teks. Pada saat mengetik, konsistensi format dalam dokumen juga dapat dicek, Word memberikan tanda format yang tidak konsisten dengan garis bawah bergelombang dan berwarna biru.
2. Korekasi otomatis dan cara paste dapat dikontrol tanpa harus membuka kotak dialognya. Tombol Auto Correct Option dan Paste Options akan terlihat langsung di dalam dokumen untuk membantu memilih opsi pada perintah tersebut.
3. Toolbar Reviewing semakin ditingkatkan kemampuannya dalam kolaborasi dokumen. Perubahan track ditampilkan lebih jelas dengan tanda (markup) yang mudah dibaca karena tidak mempengaruhi layout dokumen.
4. Microsoft Word XP memberikan fasilitas drag and drop dalam mengkopi tabel, custom dan list style.
5. Nama sesorang yang pernah dikirimi e-mail melalui Microsoft Outlook akan dikenali oleh Microsoft Word XP untuk kemudian digunakan sebagai tawaran AutoComplete.
6. Pada dokumen dapat memilih area yang tidak berurutan. Hal ini akan memudahkan pemberian format teks ditempat yang berbeda.
7. Dengan menggunakan toolbar Word Count, jumlah kata dalam dokumen yang sedang aktif (dibuka) dapat diketahui tanpa harus berulang kali membuka dialog Word Count.
8. Word memberikan cara baru yang lebih memudahkan user-nya untuk membuka sumber data (data source) dan membuat form surat,label surat, amplop, direktori, e-mail massal dan fax. Mail Merge Wizzard semakin mudah digunakan dan semakin mempunyai fungsionalitas dan opsi yang lebih banyak.
9. Kanvas drawing yang baru memudahkan penyisipan, peletakan, layer dan pengaturan ukuran (rezise) objek-objek drawing di dalam dokumen.
10. Opsi-opsi security seperti password protection, file sharing, digital signature dan macro security sekrang tergabung dalam satu tab Security tersendiri pada dialog Options. Untuk mengurangi besar ukuran halaman Web dan e-mail pada format HTML, dokumen dapat disimpan di dalam Filtered HTML sehingga tag yang digunakan oleh program-program Mocrosoft Office dapat dibuang.

B. MICROSOFT EXCEL XP
Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheed yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation dan bekerja di bawah sistem operasi Windows. Microsoft Corporation pertama kalimeluncurkan program aplikasi ini dengan versi 4.0, yang kemudian disempunakan menjadi versi 5.0. Bersamaan dengan diluncurkannya sistem operasi Windows 95, Microsoft versi baru juga diluncurkan yaitu versi 7.0.
Untuk memnuhi kebutuhan kerja yang semakin kompleks, pada awal tahun 1999, Microsoft Corporation kembali memperbaiki produk ini, yaitu dengan meluncurkan Microsoft Excel 2000 yang termasuk dalam pakel Microsoft Office 2000. Kurang lebih satu tahun kemudian, yaitu awal tahun 2001, Microsoft Corporation kemnbali meluncurkan versi terbaru dari Microsoft Excel, yaitu Microsoft Excel XP, yang termasuk dalam satu paket Microsoft Office XP, yang banyak memberikan fasilitas baru dan semakin memudahkan penggunanya didalam mengolah data dibandingkan versi sebelumnya. Fasilitas tersebut antara lain:
1. Fasilitas yang terdapat dalam kotak dialog Select Data Source dapat digunakan untuk mendapatkan data dengan lebih mudah. Apabila ingin mengimpor data dari sumber data secara remote, Microsoft Excel memberikan fasilitas data Connection Wizard untuk menemukan dan mengimpor data dari berbagai macam sumber seperti Microsoft SQL Srver, Open Database Connectivity (ODBC) dan Online Analytical Processing (OLAP).
2. Pada saat memasukkan fungsi dalam sel, Screen Tips akan muncul di layar monitor dan memperlihatkan semua argumen untuk fungsi. Selain itu, Screen Tip juga memberikan link ke Help Topic pada pembahasan fungsi.
3. Denmgan mengetikan kata, frase atau kalimat (kalimat dalam bahasa Inggris), Function Wizard akan menampilkan daftar fungsi yang direkomendasikan untuk menyelesaikan masalah. Sebagai contoh ketikan payment for a car loan atau ketikan loan, maka Function Wizard akan menampilkan daftar fungsi yang berkaitan dengan kata frase atau kalimat yang diketikkan.
4. Dengan menggunakan toolbar Watch Window, sel dan formulanya dapat dilacak dengan mudah meskipun sel yang akan dilacak tidak ditampilkan di layar monitor (hiden). Toolbar Watch Windows dapat melacak properti sel, seperti workbook, worksheet, nama, sel, value dan formula.
5. Fungsi AutoSum semakin ditingkatkan dengan adanya menu dropdown yang menampilkan fungsi yang paling umum, seperti SUM, Average, Count, Max, Min. Untuk mendapatkan fungsi lainnya, AutoSum juga memberikan link ke Function Wizard, yaitu dengan mengklik item More Function.
6. Excel menggunakan peraturan tertentu untuk mengcek masalah di dalam formula. Peraturan ini dapat membantu memecahkan masalah.
7. Tab Worksheet dapat diwarnai sehingga dapat memudahkan perorganisasian di dalam bekerja dengan Excel.
8. Perintah Unmerge (memisahkan sel yang sebelumnya digabung/merge) sekarang ditampilkan pada toolbar Format.
9. Tool Border Drawing yang baru sekarang lebih memudahkan pemberian border yang kompleks.
10. Pada saat meng-copy dan mem-paste informasi dari worksheet lain, hanya denga mengklik perintah Paste, lebar kolom worksheet yang sudah ditentukan tidak akan berubah formatnya.
11. Data dapat diproteksi dari perubahan yang diterapkan pada worksheet dan sel. Proteksi dapat diberikan pada value dan formula sel, sehingga tetap terjaga meskipun dilakukan perubahan pada selnya. Selain itu, izin untuk mengubah sel (tidak dengan value dan formulanya) bisa diberikan hanya pada user tertentu.

C. MICROSOFT ACCESS XP
Microsoft Access merupakan salah satu sofware pengolah database yang berjalan di bawah sistem Windows, karena disamping Microsoft Access masih banyak sofware pengolah database lainnya yang dapat ditemukan di pasaran.
Keberadaan Microsoft Access ini sudah beberapa kali mengalami perubahan, perkambangan dan penambahan fasilitas. Sejak awal dengan versi 1.x sampai versi 7.0, kemudian versi 2000 dan sampai sekarang (XP) selalu terdapat penambahan fasilitas baru didalamnya. Khusus untuk Microsoft Access XP beberapa kelebihannya antara lain:
1. Data yang telah diisikan kedalam suatu database, bisa diaplikasikan ke dalam bentuk pivot table. Disini tinggal memasukkan field-field yang pembentukan struktur datanya akan diproses.
2. Terdapat Pivot chart View yang merupakan analisa suatu data yang digambarkan dalam bentuk grafik. Anda dapat mengubah jenis grafiknya, baik itu grafik kolom, garis, pie dan sebagainya.
3. Dapat bekerja dan memodifikasi file Acess 2000 dengan Acess XP tanpa mengubah format file-nya. Dengan demikian fasilitas ini memudahkan untuk berbagi file database yang berbeda versi dengan pengguna Access lainnya.
4. Microsoft Acess dapat menjalankan fungsi Undo dan Redo lebih dari satu pengerjaan pada Design View untuk seluruh objek.
5. Mempunyai beberapa tambahan pilihan pada saat bekerja dengan design form dan report, yaitu:
- Tombol F8 akan menampilkan daftar list (field list)
- Dengan menekan tombol enter setelah memilih sebuah field di daftar field (fiel list) maka otomatis field yang akan terpilih akan masuk ke dalam kotak design.
- Ditambahkan fasilitas Zoom senilai 1000% dan 500%.
6. Halaman Web yang dapat digunakan untuk menambah, mengedit, menampilkan atau memanipulasi data Microsoft Access atau database SQL Server, seperti halaman form.
7. Dengan Access XP pemakai dapat membuat database SQL Server baru, membuka, memodifikasi dan melakukan berbagai aktivitas administrasi lain. Form dan Report Acces XP dapat menggunakan database SQL Server.

D. MICROSOFT POWERPOINT XP
Microsoft PowerPoint XP adalah aplikasi untuk menyusun naskah presentasi yang andal. Berbagai keunggulan yang terdapat pada Microsoft PowerPoint XP menyempurnakan versi sebelumnya yaitu Microsoft PowerPoint 2000. Beberapa keunggulan dan manfaat PowerPoint antara lain:
a. Slide-slide untuk presentasi elektronik dapat tersusun dari teks, grafik, objek gambar, clip art, movie, suara (sound) dan objek yang dibuat oleh program lain. Dapat menerapkan efek transisi slide, timing, serta animasi. Presentasi ini dapat dijalankan secara stand-alone maupun melalui suara jaringan dengan banyak PC.
b. Bila naskah presentasi dicetak (berwarna atau hitam putih) pada bahan tarnsparan, maka hasilnya dapat digunakan sebagai transparansi overhead. Ada dua pilihan perancangan orientasi slide yaitu secara landscape (mendatar) dan portrait (tegak).
c. Dapat juga digunakan menyusun presentasi agar dapat tampil prima, baik dilayar berwarna maupun bila dicetak hitam putih. Biasanya untuk beberapa keperluan tertentu, slide-slide presentasi dicetak secara hitam putih dengan baik/tajam, dengan menggunakan tombol black and white view.
d. Untuk mendukung presentasi dapat dibagikan handout, speaker notes atau outline kepada para perserta presentasi. Dengan PowerPoint XP, semua itu dapat dicetak dari naskah presentasi anda.
e. Dapat menyusun presentasi secara khusus untuk Word Wide Web dan menyimpannya dalam berbagai format yang kompatibel dengan web, seperti HTML.
f. Disisi pojok kiri bawah window PowerPoint XP terdapat 5 buah tombol yang digunakan untuk pindah antar view. View yang sedang aktif ditandai dengan tombol yang menjorok ke dalam. Selain menggunakan tombol, cara lain untuk pindah antar view adalah dengan menggunakan menu view. Pilihlah salah satu dari kelima item pertama dalam menu tersebut. View tersebut adalah slide view, outline view, slide sorter view, notes page view, slide show. Disamping itu disediakan fasilitas yang memungkinkan untuk menampilkan rancangan slide dalam berbagai ukuran, yaitu fasilitas Zoom.
Hadirnya versi baru dari Microsoft Office XP telah membawa banyak perubahan dengan menyertakan fasilitas-fasilitas baru. Kemampuan dan fasilitas baru dalam PowerPoint ini ke dalam kelompok berdasarkan fungsinya:
1. Task Pane. Fasilitas slide layout dan slide disini berguna untuk memilih layout, design template dan tatanan warna. Waktu memilih item dari task pane ini secara otomatis slide akan diupdate dan perubahannya akan langsung terlihat.
2. Print Preview. Seperti halnya Microsoft Word dan Microsoft Excel, sekarang dapat melihat hasil presentasi sebelum dilakukan pencetakan.
3. Memutar suatu image. Sekarang dapat memutar file gambar dalam presentasi di PowerPoint.
4. Animation Effect dan Animation Schemes. PowerPoint memiliki efek animasi baru. Di dalamnya terdapat animasi untuk masuk dan keluar serta pengaturan waktu dan alur pergerakan (motion path). Animation schemes berfungsi mendesain animasi maupun efek transisi ke dalam presentasi dalam satu saat. Namun tidak menutup kemungkinan bila ingin memberikan efek animasi per slide.
5. Grafik organisasi sekarang menggunakan fsilitas drawing tools yang menghasilkan ukuran file yang lebih kecil dan mempermudah pengeditan. PowerPoint memasukkan galery baru ke dalam konsep diagram yang ada. Format dari diagram dapat diubah dengan mudah.
6. Photo album. Feature baru ini membuat semakin mudah dan cepat untuk mendapatkan foto dari hard disk, scanner atau kamera digital ke dalam presentasi. Layout special yang ada termasuk beberapa bingkai yang dipilih.

Tidak ada komentar: